Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Safari Maulid Wujud Cinta Rasul

Safari Maulid Wujud Cinta Rasul

Tegal, NU Online 
Nampaknya ada ide kreatif yang usung oleh Pengurus Ranting (PR) Fatayat NU dan PR Muslimat NU Desa Blubuk Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal yaitu dengan mengadakan Safari Maulid secara maraton.<>

Meski banyak juga dilakukan oleh pengurus Fatayat lain tetapi yang menarik di Blubuk adalah dilakukan sebulan penuh pada bulan Rabiul Awal ini, dengan mengambil waktu sore hari. Hal itu dilakukan sebagai wujud kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Safari Maulid dilaksanakan secara bergantian di masjid dan mushola se-Desa Blubuk dengan kitab yang dibaca adalah Al Banzanji karangan Sayyid Ja’far bin Husain Bin Abdul Karim Al-Barzanji. Kegiatan dimulai sejak awal datangnya bulan maulid / Robiul Awal 1434 H.

Pengurus Ranting Fatayat NU Desa Blubuk Sri Sunarsih mewakili Ketua Fatayat, Sutiwi mengatakan kegiatan Dibaan keliling yang dikemas dalam kegiatan Safari Maulid dimaksudkan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, sekaligus guna menyemarakkan syiar Islam di Desa Blubuk.

Barzanjen  keliling ini, merupakan wujud cinta kita kepada Nabi SAW,” katanya saat memberikan sambutan pada Safari Maulid di Musholla Roudlatul Jannah di Rt 06 / 01 Blubuk, Sabtu (27/1).

Mewakili Pengurus Sunarsi, menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Desa Blubuk khususnya segenap pengurus dan anggota Jamiyah se-Desa Blubuk yang turut mendukung sehingga kegiatan dapat berjalan sukses dan lancar.

“Atas partisipasi semua jamiyah, kami ucapkan terimakasih sehingga silaturahmi ini dapat terjalin dengan baik,” ungkapnya.

Dirinya berharap, ke depan kegiatan safari Maulid akan terus berjalan sehingga semarak kelahiran Nabi SAW akan tetap meriah dan syiar.

“Mudah-mudahan dengan banyak bersholat, besok kita akan mendapat syafaat dari Rasulullah SAW, Aamiin,” ucapnya.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan pengurus dan anggota Fatayat NU, Muslimat NU dan Jamiyah perempuan/wanita yang di Desa Blubuk diawali dengan pembacaan Surat Yasiin dan tahlil kubur. Selanjutnya diikuti dengan pembacaan Maulid Al Barzanji dan diakhiri ceramah agama oleh Pengurus NU Desa Blubuk.

Pengurus NU Blubuk Ustadz Fakih Udin dalam ceramahnya menjelaskan bahwa barangsiapan mau memuliakan rasulullah Nabi Muhammad SAW, maka akan dia akan dimuliakan oleh Allah SWT.

Sing gelem memulyakan Nabi, maka bakal dimulyakan Alloh SWT,” tuturnya dalam bahsa Tegalan.

Peringatan Maulid, kata ustadz Fakih, juga merupakan sarana dalam rangka menggiatkan syiar Islam sehingga semakin semarak.

“Mari di bulan Maulid ini, kita perbanyak membaca sholawat. Dengan harapan kita akan mendapat syafaat dari beliau Rosul dikelak nanti,” imbaunya

Di akhir ceramahnya ustadz Fakih menyampaikan bahwa barang siapa yang menjauhi ulama atau ahli fikih maka akan diberikan cobaan 3 hal yakni jauh dari keberkahan, diberi pemimpin yang dholim dan mati dalam keadaan tanpa iman. 

 


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Abdul Muiz T.



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×