Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Ribuan Santri Lirboyo Ikuti Vaksinasi

Ribuan Santri Lirboyo Ikuti Vaksinasi
Seorang santri di Pesantren Lirboyo Kediri, usai menerima vaksinasi Sabtu (4/9/2021). (Foto: dok istimewa)
Seorang santri di Pesantren Lirboyo Kediri, usai menerima vaksinasi Sabtu (4/9/2021). (Foto: dok istimewa)

Kediri, NU Online
Ribuan santri Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur mendapat suntikan vaksin Sinovac dosis pertama. Vaksinasi ini dilaksanakan di Gedung Muktamar pada Sabtu, (4/9/2021) siang.

 

Aktivitas Santri di Pondok Lirboyo teramat padat. Pagi, siang, malam hingga tengah malam penuh dengan kegiatan belajar-mengajar. Untuk itu panitia penyelenggara berusaha keras supaya ngaji tetap berjalan serta vaksinasi tidak ketinggalan dan tidak mengganggu kegiatan.

 

"Alhamdulillah waktu vaksinasi ini dicarikan waktu, tidak mengganggu kegiatan ngaji. Jadi yang ngajinya malam diprioritaskan vaksinasi pagi, yang ngajinya pagi divaksinasi di siang hari," terang Asif Fadli, panitia vaksinasi.


Vaksinasi Santri Lirboyo ini diselenggarakan sebagai ikhtiar untuk menjaga kesehatan, serta mantaati dawuh kiai sepuh. "Pertama, untuk ikhtiar ke arah kesehatan, demi menunjang dan merawat kesehatan maka dari itu digalakkan adanya vaksinasi," kata Asif Fadli.

 

"Kedua, untuk mentaati aturan pemerintah yang digalakkan oleh para Masyayikh Lirboyo, dengan target 35 ribu santri Lirboyo semua mendapat dosis vaksinasi, serta kemungkinan perjalanan pulang santri nanti diperlukan adanya kartu vaksinasi," beber Asif Fadli yang juga Sekretaris Pondok HM Al-Mahrusiyah ini.

 


Selain itu, jarak lokasi vaksinasi dengan asrama santri yang lumayan jauh, menjadikan panitia bekerja lebih ekstra dengan menyediakan bus dan elf untuk menuju Muktamar. Begitu pula dengan santri putri yang hilir mudik naik elf.

 

"Untuk santri putri kami sediakan elf untuk menuju lokasi vaksin. Apabila jalan kaki akan menimbulkan madhorot jaraknya pun juga lumayan memeras keringat, untuk itu diantar jemput dengan elf pondok," imbuh Asif.


Resep Pondok Lirboyo hadapi pandemi
Sebelum dilakukan Vaksinasi, dimulai dengan seremonial. KH An’im Falahudin Mahrus sebagai perwakilan pondok dalam sambutannya mengungkapkan resep Pondok Lirboyo selama menghadapi pandemi Covid-19.

 

"Kenapa santri Lirboyo ditempat yang seperti ini kesehatannya tetap terjaga? Di antaranya sebab doanya kiai, wiridan, rutinan ratibul hadad dan istighotsah," terang Putra KH Mahrus Aly ini menjawab pertanyaan salah satu nakes tentang tangguhnya Pondok Lirboyo menghadapi Covid-19.


Artinya di keluarga besar Pondok Lirboyo, di samping melakukan ikhtiar dhohir, di balik itu juga melakoni ikhtiar batin.

 

Dalam seremoni tersebut juga dilaksanakan serah terima bantuan obat-obatan dari DPR-RI kepada Pimpinan Pondok Pesantren Lirboyo dengan total kurang lebih 125 paket.


Dosis pertama ini disasarkan kepada Pondok Induk, Pondok Al-Mahrusiyah, HM Papar, HM Syarif Hidayatullah, HMC, dan Pondok Mubtadiat. Rencana dosis kedua akan disuntikkan bulan depan. Kartu vaksinasi juga menjadi persyaratan bagi santri untuk mengikuti ujian, jadi setiap santri dipastikan wajib menerima vaksin.


Kontributor: Ahmad Nahrowi
Editor: Muhammad Aiz Luthfi


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya