Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Plt Kakanwil Kemenag Sumbar Awali Tugas dengan Ziarahi Makam Ulama dan Sowan ke Pesantren

Plt Kakanwil Kemenag Sumbar Awali Tugas dengan Ziarahi Makam Ulama dan Sowan ke Pesantren
Rombongan Kementerian Agama Sumatera Barat berdialog dengan Pimpinan Pesantren. (Foto: NU Online/Armaidi Tanjung)
Rombongan Kementerian Agama Sumatera Barat berdialog dengan Pimpinan Pesantren. (Foto: NU Online/Armaidi Tanjung)

Padang Pariaman, NU Online

Plt Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Syamsuir mengawali tugasnya dengan menziarahi makam Buya Syekh H. Ali Imran Hasan (1926-2017) dan bersilaturrahim dengan pimpinan Pondok Pesantren Bustanul Yaqin Pungguang Kasiak, Lubuk Alung dan pimpinan Pesantren Nurul Yaqin Ambung Kapur, Kabupaten Padang Pariaman. Kamis (20/5).

 

Plt Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat Syamsuir kepada NU Online usai bersilaturahim tersebut mengatakan, salah satu tugas dari Kementerian Agama adalah mengayomi pondok pesantren.

 

"Pondok pesantren terbukti berhasil menjalankan fungsinya sebagai kader pencetak ulama dan pendidikan agama umat. Sehingga pesantren tentu harus mendapatkan perhatian dari Kementerian Agama," kata Syamsuir yang juga Kepala Kemenag Kabupaten Solok Selatan ini.

 

Menurut Syamsuir, alumni pesantren merupakan lembaga penghasil dan penjaga moral bangsa, mendidik umat dan mensyiarkan agama Islam. "Makanya mengawali tugas sebagai pelaksana tugas Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, saya bersilaturahim dengan pimpinan pesantren. Mudah-mudahan apa yang akan dilakukan selanjutnya mendapat berkah dari Allah Swt," tutur Syamsuir.

 

Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat, Rahmat Tuanku Sulaiman yang turut mendampingi Syamsuir menyebutkan, apa yang dilakukan Plt. Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat ini patut diapresiasi. Mudah-mudahan dengan ziarah ke makam ulama dan bersilaturahim dengan pimpinan pesantren selalu diberkahi para ulama dalam menjalankan tugas-tugas keumatan.

 

"Ansor Sumatera Barat siap bersinergi dengan Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Barat dalam mewujudkan  visi misi dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. karena bagaimana pun Menteri Agama yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, perlu didukung semua pihak, termasuk Ansor Sumatera Barat harus siap bersinergi," kata Rahmat Tuanku Sulaiman yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Alumni Pondok Pesantren Nurul Yaqin Indonesia ini.

 

Saat berziarah di makam pendiri Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan, Syekh H.Ali Imran Hasan, Syamsuir disambut pengasuh pesantren, M. Asyraful Anam Tuanku Bagindo yang didampingi sejumlah majelis guru.

 

Rombongan Syamsuir melanjutkan kunjungan silaturahim ke Pesantren Bustanul Yaqin, Punggung Kasiak Lubuk Alung yang disambut pimpinan Pesantren yang juga Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Padang Pariaman, Zainal Tuanku Mudo.

 

Silaturrahim Rombongan Plt Kakanwil dilanjutkan ke pesantren Nurul Yaqin Ambung Kapung ,Sungai Sarik yang diterima oleh pimpinan pesantren, Azrul Azwat Tuanku Mudo dan Ali Basar Tuanku Sutan Sinaro. Dalam kunjungan tersebut, Syamsuir menyerahkan sejumlah bantuan kepada masing-masing pimpinan pesantren.

 

Rombongan Kementerian Agama Sumatera Barat yang turut menemani Syamsuir diantaranya Kepala Kemenag Kabupaten Padang Pariaman, Helmi, Kepala Kemenag Kota Pariaman, Miswan, Kepala Kemenag Pasaman Barat, Muhammad Nur dan sejumlah pejabat Kemenag Sumbar lainnya.

 

Kontributor: Armaidi Tanjung

Editor: Aiz Luthfi 


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya