Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pesantren Cinta Rasul Gelar Maulid Selam 40 Hari

Pesantren Cinta Rasul Gelar Maulid Selam 40 Hari

Bogor, NU Online
Melanjutkan tradisi baik sejak 3 (tiga) tahun silam, Pesantren Cinta Rasul kembali adakan acara "Maulid 40 Hari Tiada Henti" atau Maulid Arbain di tahun 1436 Hijriyah ini pada Selasa, 23 Desember 2014. Sehari sebelumnya, untuk menyemarakkan datangnya bulan kelahiran Rasulullah itu mereka mengadakan acara perayaan Hari Ibu di Aula SMP-IT & SMK Cinta Rasul bersamaan dengan pembagian raport semester ganjil.
<>
Siswa-siswi SMP-SMK Cinta Rasul pun tampil mengisi acara. Ada pentas seni islami seperti puitisasi Al-Qur'an, pidato multibahasa, tilawah, sampai hadroh, sebagai wadah ekspresi siswa. 

Maulid Arbain sendiri merupakan acara rutin tahunan di pesantren yang terletak kawasan perbukitan sejuk di Desa Cijujung Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, 10 km arah barat Kampus IPB Dramaga itu. 

Walhasil, setiap pagi selepas wirid Shubuh mengumandanglah pembacaan kitab maulid Dhiyaul Lami' karya Al-Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz, Yaman, diiringi lantunan qoshidah dan tepukan syahdu seni hadroh oleh para santri.

Ya nabi salam alaika, ya rasul salam alaika.. Begitulah petikan baitnya.

Sejak dijadikan sebagai kegiatan rutin meniru kegiatan yang sama di Hadrol Mout, Yaman, Maulid Arbain ini terasa makin meriah dari tahun ke tahun.

Jika di Yaman sana diadakan dari mushola ke mushola atau masjid ke masjid, maka Pesantren Cinta Rasul menyelenggarakannya dimulai dari masjid pondok menuju ke rumah-rumah jamaah yang berkenan menjadi shohibul bait acara maulid. Berkeliling 40 hari terus-menerus setiap pagi hari.

"Saya bersyukur dan merasa beruntung dapat menjadi salah satu tuan rumah acara Maulid Arbain ini. Meski rumah kami kurang memadai, mudah-mudahan sebab wasilah maulid ini rumah kami pun jadi tambah barokah ya," papar Udin bin Sahi, warga kampung Cijujung yang juga Ketua RT 02/RW 02 itu.

Hal senada disampaikan oleh ust. Ahmad Suherman, tokoh masyarakat setempat. "Kami berbahagia dan senang akan kegiatan ini. Mudah-mudahan dapat juga menyenangkan bagi Kanjeng Rasul SAW dan membuat beliau pun tersenyum kepada kami. Kami yakin akan hal itu," tambah pensiunan guru agama di SD.

Rencananya, Maulid Arbain ini akan berlangsung hingga tanggal 31 Januari 2015/10 Robiuts-Tsani 1436 H. Dan tepat sehari sesudahnya, atau sebagai penutup, akan diadakan Peringatan Maulid Besar Nabi Muhammad SAW. Akan hadir para kyai dan habaib se-Bogor yang dipimpin oleh Kholifah Empang Bogor, Al Habib Abdullah Bin Husein Bin Abdullah Bin Mukhsin Al 'Attas. Juga akan hadir KH Abdul Aziez Mahfuf (Syuriah PCNU Kab. Wonogiri), KH Mahfud Dulwafi (Pesantren Darussana, Kintab Banjarmasin), serta dai muda kondang Ustad Mohhay.

"Insya Allah pada acara itu nanti kami sekaligus akan meresmikan asrama baru bagi santri putra, bantuan Program Rusunawa Kementerian Perumahaan Rakyat tahun 2013-2014. Mudah-mudahan ini membawa barokah dan manfaat," tutup H. Abdul Basit Mahfuf, Pendiri dan Pengasuh Pesantren Cinta Rasul kepada NU Online. (abdul basit/mukafi niam)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×