Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

NU Kota Semarang Gandeng Rumah Sakit Swasta Gelar Pengobatan ke Warga Terdampak Banjir

NU Kota Semarang Gandeng Rumah Sakit Swasta Gelar Pengobatan ke Warga Terdampak Banjir
Pengobatan gratis di lokasi banjir kerja sama NU Kota Semarang dengan RS swasta (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Pengobatan gratis di lokasi banjir kerja sama NU Kota Semarang dengan RS swasta (Foto: NU Online/Samsul Huda)

Semarang, NU Online  

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang, Jawa Tengah menjalin kerja sama dengan  Rumah Sakit Umum (RSU) Panti Wiloso Citarum Semarang Jawa Tengah menggelar bakti sosial pengobatan gratis kepada masyarakat terdampak banjir di wilayah Genuk, Sabtu (13/2).

 

Wakil Ketua PCNU Kota Semarang H Agus Fathuddin Yusuf mengatakan, banjir yang melanda sebagian wilayah ibukota Jateng ini menumbuhkan semangat persaudaraan yang tinggi antar sesama warga meski di antara mereka terdapat sederet perbedaan.

 

"Tentu banjir ini juga menimbulkan korban dan penderitaan yang tidak bisa dihindari. Aktivitas-aktivitas sosial yang penuh kebersamaan seperti ini diharapkan akan menginspirasi semangat kebersamaan tak kenal henti," kata Agus.

 

Disampaikan, selain bersama rumah sakit yang dikelola lembaga nonmuslim, kegitan yang berlangsung di kampung Langgar Deprok Kelurahan Banjardowo, Kecamatan Genuk ini juga melibatkan ormas Pemuda Pancasila Banjardowo dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Lokal Semarang Timur.

 

"Demi memenuhi prosedur protokol kesehatan (prokes), peserta kegiatan ini dibatasi hanya 175 orang. Kehadirannnya di posko pengobatanpun waktunya diatur sehingga tidak menimbulkan kerumunan massa," terangnya.

 

Pengurus RAPI Lokal Semarang Timur Fajar Anshori mengatakan, kegiatan bareng ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) dengan RSU Panti Wiloso Citarum Semarang dengan RAPI.

 

"Kegiatan pengobatan gratis ini merupakan bagian dari realisasi program kerja sama yang sudah dirintis beberapa waktu lalu. Kami melihat, usai banjir warga terdampak di wilayah ini membutuhkan layanan kesehatan. Karena itu kami hadir untuk berkontribusi," kata Fajar yang juga Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Semarang Timur.

 

Ketua MWCNU Genuk KH Muhammad Sochib Ridwan kepada NU Online, Ahad (14/2) menyampaikan, bencana banjir yang menggenangi separuh wilayah kelurahan dari seluruh wilayah kelurahan di wilayah kecamatan Genuk ini menumbuhkan semangat untuk menjalankan ukhuwah basyariyah, wathaniyah, dan islamiyah.

 

"Semangat ukhuwah itu terimplementasikan dalam kegiatan pengobatan gratis. Pelaksananya dari berbagai elemen masyarakat, tujuannya membantu sebagian warga Genuk terdampak banjir yang di dalamnya banyak nahdliyin," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya