Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Nahdliyin Larut dalam Doa Bersama Kiai Marzuki Mustamar

Nahdliyin Larut dalam Doa Bersama Kiai Marzuki Mustamar
Tangkap layar Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar memimpin doa bersama secara virtual bersama GP Ansor Jatim, Selasa (20/07/2021).
Tangkap layar Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar memimpin doa bersama secara virtual bersama GP Ansor Jatim, Selasa (20/07/2021).

Sidoarjo, NU Online
Suasana menjadi syahdu. Lantunan bacaan wirid serasa menusuk kalbu. Kemantapan bacaan yang diresapi oleh para pemimpin doa menggetarkan hati. Seolah hadir energi ilahi membersamai 300 orang yang turut dalam istighotsah virtual yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Ansor, Selasa bakda Isya (20/07/21).


Seperti datang getaran tak kasat mata, namun bisa dirasakan kalbu hingga hati jamaah makin menggelora tatkala tiba giliran KH Marzuki Mustamar, memimpin doa. Tidak banyak kalimat yang disampaikan oleh Ketua PWNU Jawa Timur malam itu. Namun, ia menegaskan bahwa istighotsah malam itu ditujukan khusus untuk kesembuhan kader GP Ansor Andry Dewanto dan keselamatan bangsa dari wabah Covid-19. 

 

Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Rosyad, Gasek, Malang itu memulai dengan bacaan surat Fatihah yang sebelumnya telah dibaca sebanyak 41 kali.


"Saya tidak ingin sambutan, langsung saja melanjutkan bacaan Fatihah 34 kali lagi sehingga menjadi 75," kata Kiai Marzuki kala pembawa acara mempersilahkannya untuk memberikan tausiyah dan doa. 


Beberapa kali penegasan kalimat doa kesembuhan dilantunkannya. Penyebutan nama Andry Dewanto seolah-olah makin menggetarkan forum tersebut. Doa akhir yang cukup panjang, Kiai Marzuki ucapkan seraya memejamkan mata. Pesan singkat lalu ia sampaikan kepada hadirin virtual.


"Usahakan keringat tetap keluar (berolahraga), manfaatkan minyak kayu putih. Dan bagi penderita Covid-19, harus yakin untuk sembuh," kata ulama kharismatik itu.


Banyak tokoh

Selain Kiai Marzuki, kegiatan malam itu juga dihadiri oleh banyak tokoh baik tingkat nasional maupun wilayah. Hampir seluruh kader Ansor dari berbagai pelosok Jawa Timur turut hadir memberikan doa. Ketua PBNU Robikin Emhas, dan Rizza Ali Faizin dari GP Ansor Sidoarjo juga tampak khusuk melantunkan doa.


Ketua Ansor Jatim, Gus Syafiq Syauqi berharap melalui wasilah kecintaan Allah kepada Rasullah melalui bacaan shalawat menjadi terkabulnya keinginan yang tersampaikan.

 

"Doa seorang Muslim tanpa diketahui oleh yang orang yang didoakan itu mustajabah. Semoga Sahabat Andry segera pulih dan kembali berjuang bersama kita semua," kata Gus Syauqi yang malam itu mengenakan jas putih.

 

Ia menggambarkan bahwa sosok yang didoakan bersama tersebut adalah ruh gerakan kaderisasi di GP Ansor.

 

Adapun rangkaian bacaan yang dilantunkan dalam kegiatan tersebut adalah Istighotsah, Al-Fatihah, Shalawat Tibbil Qulub, dan doa.

 

Terkait bacaan Fatihah yang dipimpin Zulfikar Adhim dari PC Anshor Jombang, disampaikan bahwa salah satu ijazah dari KH Alim Dimyati jika ada hajat, dianjurkan membaca surat Al-Fatihah sebanyak 41 kali. Waktunya antara sebelum Subuh sampai tiba waktu shalat Subuh. 

 

Kontributor: Mukhzamilah
Editor: Kendi Setiawan
 


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya