Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Meski Diguyur Hujan, Pawai Rolasan Tetap Meriah

Meski Diguyur Hujan, Pawai Rolasan Tetap Meriah

Tegal, NU Online 
Meski Hujan lebat sempat mengguyur kota Tegal, tetapi Pawai Rolasan untuk merayakan Maulid Nabi tetap berlangsung meriah. Ribuan warga turun ke jalan menyaksikan acara tersebut. Mereka bukan saja anak-anak tetapi juga orang dewasa dari berbagai pelosok Tegal. Kegiatan itu sendiri di gelar pada Rabu (23/1) malam .  
<>
Pawai Rolasan ini tidak hanya menjadi daya tarik bagi masyarakat kota Tegal tetapi juga menarik minat masyarakat dari sekitar Tegal. Sejumlah pengunjung dari luar kota sengaja datang meramaikan tradisi yang sudah berlangsung lama ini. 

Ragam peserta pawai memakai berbagai macam kostum yang meskipun malam hari kostum mereka kelihatan hidup. Grup marching band, calung dan group hadrah, ikut dalam perayaan ini.

Salah satu pengunjung dari Kabupaten Tegal, Faizal Ali (25) mengaku telah datang kedua kalinya bersama keluarganya untuk melihat Pawai Rolasan. Yang menarik salah satunya adalah bersatunya kamu muda  dan kaum tua, sehingga terjadi unsur perpaduan sangat bersahabat. Ini berbeda dengan daerah lain yang kegiatan antara orang tua dan anak muda dipisah-pisah.

“Mudah-mudahan tradisi ini tidak punah, meski berada di masyarakat perkotaan, dan saya yakin mereka memiliki tujuan yang sama yaitu merayakan Maulid nabi,” harapnya.

Lain halnya dengan penonton dari Brebes, Ahamd Subekhi (24) yang bangga karena Kota Tegal mempunyai tradisi sendiri dalam memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kebanggaan ini menurutnya jangan sampai pada bulan ini saja, tetapi tahun-tahun berikutnya, ia berharap masih ada dan lebih meriah. Ia datang bersama teman-temannya dengan menaiki Tosa dan mengikuti acara hingga selesai. 

“Salut dan menarik, sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi Kota Tegal,“ elunya. 


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Abdul Muiz    



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×