Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Maulid Nabi Momentum Tingkatkan Silaturrahim

Maulid Nabi Momentum Tingkatkan Silaturrahim
Acara kajian intelektual PKPT IPNU-IPPNU UINSA Surabaya
Acara kajian intelektual PKPT IPNU-IPPNU UINSA Surabaya
Surabaya, NU Online
Departemen Pengembangan Organisasi Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya menggelar acara dengan nama Kajian Intelektual. 

Kegiatan kajian mengambil tema Refleksi Peringatan Maulid Nabi: Dalam Membangun Peradaban Indonesia, kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (21/11).

Diikuti oleh puluhan peserta, kegiatan yang mendatangkan Muhammad Faqih yang merupakan koordinator devisi Maktabah Ahlussunnah wal Jamaah (Makwah) Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur ini diadakan di serambi Masjid Ulul Albab UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Saat menjelaskan kepada para peserta kajian, Ustadz Faqih mengatakan jika pada saat ini perayaan Maulid Nabi hanya sebagai seremonial belaka. Hal itu bisa dibuktikan dengan apa yang sering dilakukan oleh generasi milenial. “Terutama generasi milenial dengan bangga update status,” ujarnya.

Ia melanjutkan, jika momen Maulid Nabi Muhammad SAW seharusnya dijadikan sebagai momentum untuk membangkitkan ghirah atau semangat perjuangan Rasulullah. “Serta meningkatkan kesadaran atas jasa-jasa beliau (Rasulullah-red),” jelasnya.

“Khususnya pemuda zaman now yang saat ini lebih hafal lagu-lagu korea atau pop ketimbang shalawatan,” imbuhnya.

Pria asal Mojokerto ini mengingatkan kepada para peserta kajian ini supaya tetap menjaga ukhuwah, baik itu Islamiyah, wathaniyah, dan basyariyah. “Momen Maulid Nabi ini hendaknya tetap menjaga ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah,” tuturnya. 

Di akhir, ia berharap agar ke depan dalam peringatan Maulid Nabi bisa tetap menjaga tali silaturrahim antar umat Islam. “Dan agar kaum pelajar atau mahasiswa dapat meneladani sifat, sikap, dan perilaku Nabi Muhammad SAW,” pungkasnya. (Hanan/Muiz)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×