Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Maulid Nabi, Ansor Gending Gelar Lomba Diba’iyah

Maulid Nabi, Ansor Gending Gelar Lomba Diba’iyah

Probolinggo, NU Online
Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur menggelar Lomba Diba’iyah, Sabtu (25/1).

<>Lomba yang dilaksanakan di Madrasah Ibtida’iyah Nahdlatul Ulama (MINU) Tarbiyatusshibyan Desa Sebaung, Kecamatan Gending ini dibuka secara resmi oleh Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Gending, Muslimin Syaba dan dihadiri segenap pengurus GP Ansor hingga tingkat anak ranting.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Gending Muslimin Syaba mengungkapkan lomba diba’iyah yang diikuti oleh Perwakilan MI dan Ranting se-Kecamatan Gending ini digelar dengan tujuan untuk menggalakkan kembali kader NU supaya rutin membaca Diba’iyah yang merupakan salah satu amalan warga Nahdliyin.

“Ke depan diharapkan bagaimana nantinya di tiap ranting GP Ansor dan MI ada kader yang mampu membaca diba’iyah dengan baik dan benar sesuai dengan tradisi ulama-ulama NU. Sehingga mampu melestarikan tradisi Nahdlatul Ulama (NU) yang saat ini sudah mulai kurang diminati oleh kaum muda, terutama pelajar,” ungkapnya.

Menurut Muslimin, sebenarnya dengan membaca Diba’iyah umat Islam serasa lebih dekat dengan Rasullulah SAW. Apalagi, jika dihayati dengan makna-maknanya. “Dengan adanya lomba ini, kami ingin membudayakan kembali rasa gemar membaca sholawat Nabi Muhammad SAW di kalangan pemuda dan pelajar,” terangnya.

Lebih lanjut kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan generasi muda calon penerus bangsa yang berkualitas, berkarakter, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

 “Prestasi sebenarnya bukan segalanya, tetapi lebih pada pembelajaran dan pembentukan karakter anak sejak dini yang bernafaskan Islam. Dimana generasi muda yang gemar membaca sholawat Nabi Muhammad SAW,” pungkasnya. (Syamsul Akbar/Mahbib)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×