Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

LAZISNU Jombang Bagikan 6,3 Ton Beras di Tengah Darurat Covid-19

LAZISNU Jombang Bagikan 6,3 Ton Beras di Tengah Darurat Covid-19
Pendistribusian paket beras LAZISNU Jombang kepada pengurus MWCNU. (Foto: Istimewa)
Pendistribusian paket beras LAZISNU Jombang kepada pengurus MWCNU. (Foto: Istimewa)
Jombang, NU Online
Sejak satu pekan lalu hingga sekarang, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur membagikan 6,3 ton beras kepada sejumlah warga. Bantuan itu semata untuk meringankan beban ekonomi warga di tengah merebaknya Covid-19.
 
Ketua PC LAZISNU Jombang Ahmad Zainudin mengungkapkan, beras tersebut dibagi rata kepada masyarkat di setiap kecamatan melalui pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan Unit Pengumpul Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU). Masing-masing kecamatan mendapatkan 100 paket beras
 
"Kita bagikan secara menyeluruh di semua MWCNU, semuanya 100 paket, satu paket 3 kg," katanya kepada NU Online, Sabtu (11/4).
 
Ia menambahkan, bantuan beras tersebut adalah wujud konkret LAZISNU Jombang kepada masyarakat di saat situasi pandemi global seperti sekarang ini. Ia tak menafikan, Covid-19 telah berdampak pada berbagai sektor di tengah masyarakat. Yang paling tampak, di samping sisi kesehatan, aspek ekonomi juga tak bisa dielakkan. Banyak orang yang sudah kehilangan penghasilannya saat Covid-19 mewabah.
 
Sementara untuk teknis pendistribusian beras tersebut, LAZISNU sudah menyiapkan paket beras yang dikemas rapi di kantor LAZISNU. Kemudian beras itu diambil oleh masing-masing perwakilan dari MWCNU didampingi staf LAZISNU di jam kerjanya.
 
Bantuan tersebut memang tidak bisa seutuhnya mengatasi semua kebutuhan masyarakat saat ini. Untuk itulah dibutuhkan kesadaran berbagai pihak untuk bersama-sama berbagi kepada mereka, terutama warga yang ada di akar rumput. Pada situasi seperti saat ini menurutnya, tidak ada sikap yang lebih tepat, kecuali menyisihkan rezeki dan memberikannya kepada masyarakat.
 
"Meski sudah maksimal sesuai kemampuan LAZISNU. Distribusi ini saya yakin tidak bisa meng-cover semua kebutuhan. Jadi kami mohon maaf," ungkapnya.
 
Dihubungi terpisah, Ketua UPZIS MWCNU Kesamben, Jombang Nuruddin Suryanulloh mengatakan, paket beras yang diterima sebelumnya sudah mulai dibagikan kepada warga yang ada di desa-desa. Ia mengaku, dirinya bergerak cepat berkoordinasi dengan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk membantu mendistribusikan beras.
 
"Efek musibah ini sangat terasa bagi masyarakat kecil yang biasanya berjualan makanan atau kue untuk anak-anak di sekolahan. Dengan diberlakukannya belajar di rumah ini membuat aktivitas jualannya berhenti," ujarnya.
 
Ia berharap, bantuan paket beras tersebut bisa memberikan angin segar bagi warga, khususnya mereka yang sudah kehilangan penghasilan.
 
"Kami mengucapkan terimakasih kepada PC LAZISNU Jombang yang sudah memberikan jatah  untuk warga Kecamatan Kesamben yang terdampak Covid-19," pungkasnya.
 
Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Muhammad Faizin


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya