Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Ketua Ansor Bojonegoro: Diklatsus Banser untuk Tingkatkan Kapasitas Kader

Ketua Ansor Bojonegoro: Diklatsus Banser untuk Tingkatkan Kapasitas Kader
Peserta diklatsus Banser Bojonegoro. (Foto: NU Online/Yazid)
Peserta diklatsus Banser Bojonegoro. (Foto: NU Online/Yazid)

Bojonegoro, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Satkorcab Bojonegoro, Jawa Timur, mengadakan Diklat Khusus Barisan Ansor Serbaguna (Diklatsus Banser) untuk meningkatkan kapasitas Banser dalam melaksanakan tugasnya.


Ketua PC GP Ansor Bojonegoro, Mustakim mengatakan, Diklatsus ini untuk meningkatkan kapasitas satuan khusus Banser, yakni Bagana, Balantas, Basada, dan Protokoler, dengan pemateri dari Satkorwil PW GP Ansor Jatim.


“Keberadaan Banser harus bisa dan siap di segala kondisi dan situasi. Oleh karena itu,
Diklatsus ini digelar untuk meningkatkan kapasitas kader agar lebih maksimal dalam melayani bangsa dan negara,” tuturnya saat membuka apel Diklatsus, Jumat (29/10/2021).


Mantan ketua DPD KNPI Kabupaten Bojonegoro mengajak semua peserta apel untuk mengingat dan melanjutkan perjuangan kiai NU sebagai pilar penting berdirinya negara. “Karena berdirinya NKRI tak lepas dari perjuangan kiai NU,” tegasnya.


Katib Syuriyah PCNU Bojonegoro KH Hilmy Aljumadi, mengapresiasi PC GP Ansor yang telah menggelar kegiatan ini. Semua peserta diminta menata niat menjalani kegiatan ini sebagai beribadah, mencari ilmu, dan mencintai ulama.


“Yakinlah bahwa menjalani kegiatan ini akan banyak membawa manfaat,” pesan Pengasuh Pesantren Roudlotut Tholibin Bojonegoro ini.


Mewakili Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Kepala Bakesbangpol Bojonegoro mengucapkan selamat atas terselenggaranya Diklatsus. Ia berharap ke depan Ansor lebih sering membuat kegiatan yang muaranya untuk meningkatkan kapasitas kader, agar lebih bermanfaat untuk masyarakat.


“Saya mendengar mars dan yel-yel Ansor dan Banser merasa kembali muda,” ungkap Kepala Bakesbangpol Bojonegoro disambut tepuk tangan peserta.


Beberapa materi dalam Diklatsus antara lain mulai dari perilaku hidup bersih dan sehat, peraturan berlalu lintas, teknik mengatur lalu lintas, pertolongan pertama pada kecelakaan, hingga teknis komunikasi radio bencana.


Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, mulai memakai masker, menjaga jarak hingga mencuci tangan. Seluruh peserta dipastikan sudah melakukan vaksinasi.


Diklatsus dijadwalkan tiga hari, Jumat-Ahad, 29-31 Oktober 2021, di Pesantren Roudlotut Thalibin Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, Bojonegoro, Jawa Timur. Agenda ini diikuti seratusan anggota Banser dari perwakilan Banser se-Bojonegoro serta utusan Banser dari PC GP Ansor kabupaten lain.


Kontributor: M Yazid
Editor: Musthofa Asrori



Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya