Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Jelang Lebaran Ansor Jepara Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

Jelang Lebaran Ansor Jepara Santuni Anak Yatim dan Dhuafa
Ansor Jepara berbagi dengan anak yatim (Foto: NU Online/Syaiful Mustaqim)
Ansor Jepara berbagi dengan anak yatim (Foto: NU Online/Syaiful Mustaqim)
Jepara, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah jelang lebaran 1441 Hijriyah kembali santuni anak yatim dan dhuafa. Kegiatan setahun sekali ini sudah dirutinkan sejak PAC GP Ansor berdiri di Kecamatan Jepara. 
 
Saat ini meski dalam kondisi serba terbatas aktivitasnya karena virus Corona (Covid-19), kegiatan santunan tetap dilaksanakan meski dengan cara yang berbeda.
 
"Ini merupakan program rutin tahun setiap jelang lebaran berbagi dengan kaum dzuafa dan anak yatim," ujar Ketua panitia Kahar Subeno kepada NU Online, Rabu (13/5) di Jepara.
 
Disampaikan, pemberian santunan yang berupa uang maupun sembako itu merupakan rangkaian bakti sosial dalam rangka pencegahan Covid 19. Selain itu, jelang lebaran kegiatan santunan menjadi momen yang ditunggu-tunggu anak yatim.
 
"Maka kami tetap menggelar kegiatan santunan di tengah wabah Covid-19," ungkapnya.
 
Dijelaskan, ada beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di tengah wabah Covid-19, yakni edukasi Covid 19, pembagian masker, dan penyemprotan disinfektan di masjid dan mushala se Kecamatan Jepara. Serta santunan yatama yang dipusatkan di Kelurahan Kauman untuk 28 anak pada Ahad (10/5) lalu. 
 
"Sumber pendanaan kegiatan ini dari kas Ansor, MWCNU, anggota Ansor, Banser, alumni, aghniya dan lembaga koperasi BMT Askowanu," paparnya.
 
Ketua PAC GP Ansor Jepara Chusni mengatakan, selain menjadi organisasi gerakan, Ansor juga mempunyai agenda yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan. 
 
"Salah satunya adalah baksos pembagian sembako kepada kaum dzuafa dan santunan adik-adik yatama," jelasnya.
 
Kegiatan lanjutnya, sebagai ajang melatih rasa peduli terhadap sesama. "Agenda ini juga bertujuan untuk membantu sesama di tengah situasi pandemi seperti ini uluran bantuan sangat diperlukan bagi saudara-saudara kita yang perekonomiannya kurang beruntung," terang mantan Ketua PC IPNU Jepara ini.
 
Pihaknya berharap kegiatan bisa kontinyu, dan kepedulian untuk masyarakat dari tahun ke tahun semakin meningkat. 
 
Kontributor: Syaiful Mustaqim
Editor: Abdul Muiz

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya