Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

GP Ansor Lamtim Gelar Pelatihan Falakiyah bagi para Kader Muda

GP Ansor Lamtim Gelar Pelatihan Falakiyah bagi para Kader Muda
Pelatihan Falakiyah Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Lampung Timur. (Foto: Istimewa)
Pelatihan Falakiyah Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Lampung Timur. (Foto: Istimewa)

Sukadana, NU Online
Setiap awal bulan Ramadhan, Syawwal, dan Dzulhijjah, umat Islam di berbagai penjuru Indonesia dan dunia disibukkan dengan penentuan awal bulan. Banyak berbagai dialog digelar tentang metode yang digunakan dan tak jarang berujung pada perselisihan dan ketersinggungan. Selain dialog banyak juga dilakukan pengamatan hilal atau bulan di berbagai tempat yang dikenal dengan istilah Rukyatul Hilal.


Sementara saat ini, sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dalam ilmu falakiyyah tidak lah banyak. Hal ini tentu harus menjadi perhatian tersendiri dalam mengkader para generasi muda guna memahami ilmu dan mekanisme penetapan awal bulan sesuai dengan kaidah ilmu falak khususnya yang dipegang oleh Nahdlatul Ulama.


Fenomena dan permasalahan ini disikapi oleh Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Lampung Timur dengan menggelar Pelatihan Falakiyah yang diikuti para kader Ansor. Untuk maksimalnya penyerapan materi ilmu falakiyah yang diberikan, kegiatan ini fokus pada dua hal yakni penentuan awal bulan dan penghitungan arah kiblat.


“Setelah kegiatan ini kita berharap ada kader-kader GP Ansor yang menjadi tim Hisab Rukyat dan juga mampu mengedukasi masyarakat tentang penentuan awal bulan jika terjadi perbedaan di tengah masyarakat,” kata Ketua PC GP Ansor Lamtim H Muslih dalam acara yang diselenggarakan di Gedung PCNU Lamtim, Ahad (25/4).


Untuk meratanya kader falakiyah di daerah tersebut, peserta yang hadir berasal dari masing-masing utusan pengurus kecamatan atau yang disebut Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor.


“Saat ini penting untuk memberikan pengetahuan kepada para kader Gerakan Pemuda Ansor di berbagai tempat tentang teori dan sistem penentuan awal bulan Qamariyah atau Hijriyah. Kita berharap lebih banyak lagi kader kader muda Nahdlatul Ulama yang memiliki kemampuan dalam Ikut merumuskan penentuan awal bulan,” kata Zainuri, Ketua Bidang Diklat PC GP Ansor Lampung Timur.


Nara sumber pada kegiatan ini adalah Dosen Mata Kuliah Ilmu Falak Institut Agama Islam Ma’arif Metro (IAIMNU) Kota Metro Kiai Mufid Arsyad yang juga Rais Madrasah Diniyah Tsanawiyah Pesantren Darul A'mal Metro.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya