Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Gempa Malang Berdampak di Lumajang, LPBINU Turunkan Relawan

Gempa Malang Berdampak di Lumajang, LPBINU Turunkan Relawan
Relawan LPBINU Lumajang membantu warga terdampak gempa Malang. (Foto: istimewa)
Relawan LPBINU Lumajang membantu warga terdampak gempa Malang. (Foto: istimewa)

Lumajang, NU Online
Gempa dengan magnitudo 6,7 yang berpusat di laut selatan Malang sekitar pukul 14.00 WIB, Sabtu (10/4), menyebabkan kerusakan di sejumlah daerah. Berdasarkan laporan Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Lumajang, M Ridwan, tercatat 5 orang meninggal dunia dan belasan lainnya terluka di Lumajang.

 

Ridwan mengatakan, sejak kemarin relawan LPBINU dari beberapa kecamatan di Kabupaten Lumajang sudah turun melakukan asesmen bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Jawa Timur.

 

"Berdasarkan hasil koordinasi dengan PCNU, BPBD, dan FPRB Jawa Timur, insyaallah hari ini kita akan mendirikan posko bersama, posko FPRB Jatim dan posko NU Peduli gempa Lumajang di kantor MCNU Pronojiwo," ujar Ridwan saat dihubungi NU Online, Ahad (11/4) pagi.

 

Menurut Ridwan, untuk sementara saat ini korban masih mendirikan tenda seadanya di sekitar rumahnya. Namun, di Desa Kali Uling, Kecamatan Tempursari sudah ada titik posko pengungsian. Di sana juga tercatat ada 3 orang meninggal dunia dan 350 rumah rusak.

 

"Kabupaten Lumajang untuk saat ini tercatat dengan korban jiwa terbanyak, dan kerusakan rumah mencapai 458 unit. Selain itu juga ada rumah ibadah seperti masjid dan mushala yang rusak, termasuk tempat sekolah dan satu gedung Balai Desa yang retak," ungkapnya.

 

Ridwan juga mencatat sejumlah kebutuhan mendesak seperti tenda, terpal untuk hunian sementara, sembako, selimut dan makanan siap saji.

 

Masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dapat menitipkan bantuan dana melalui Bank Jatim MWC NU Kecamatan Pronojiwo nomor rekening 0432106900 dan Bank BNI PC LAZISNU Lumajang 3456777703. Konfirmasi disampaikan ke nomor 0822-3659-0774.

 

Laporan kerusakan dari berbagai daerah

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui laman resminya, bnpb.go.id melaporkan 16 kabupaten/kota merinci kerusakan-kerusakan bangunan akibat gempa bumiyang berpusat di Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4) pukul 14.00 WIB. Laporan tersebut diterima oleh Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB.

 

Bangunan-bangunan tersebut meliputi tempat tinggal warga (rumah), sekolah, tempat ibadah, rumah sakit, dan bangunan penting lainnya.


Berdasarkan data yang diterima dari BPBD Kabupaten Malang, sedikitnya ada 136 unit rumah mengalami rusak ringan, 24 unit rumah rusak sedang dan 13 rusak berat di Kabupaten Malang. Selain itu ada 14 tempat ibadah rusak, 9 sarana pendidikan rusak, 2 sarana perkantoran rusak, 1 balai desa rusak, 3 fasilitas kesehatan rusak.


Kemudian BPBD Kabupaten Lumajang melaporkan adanya 1 kerusakan sarana pendidikan, 1 fasilitas kesehatan rusak dan beberapa unit rumah di 12 desa yang masuk dalam 7 wilayah kecamatan di Kabupaten Lumajang mengalami kerusakan. Tim BPBD Kabupaten Lumajang masih dalam proses pendataan lebih lanjut.


Selanjutnya BPBD Kabupaten Pasuruan melaporkan ada 11 rumah rusak ringan, 1 tempat ibadah rusak, 1 hotel rusak, 1 sarana penididikan rusak dan rest area rusak ringan.


BPBD Kabupaten Blitar melaporkan ada beberapa kerusakan akibat Gempabumi Selatan Malang meliputi Kantor Bupati Kabupaten Blitar rusak, Kantor DPRD Kabupaten Blitar rusak, Kantor Kecamatan Kaliwates rusak, RSUD Ngudi Waluto Wlingi rusak, RS Wava Husada rusak, UPTD Kecamatan Selorejo rusak, 1 toko rusak, 55 unit rumah rusak ringan, 39 unit rumah rusak sedang, 3 unit rumah rusak berat dan 3 tempat ibadah rusak.


BPBD Kabupaten Trenggalek melaporkan Kantor Kecamatan Durenan rusak ringan, SMK Durenan rusak ringan, Kantor Desa Cakul dan Balai Desa Siki di Kecamatan Dongko rusak ringan, SMP 2 Tugu rusak ringan, Balai Desa Timahan di Kecamatan Kampak rusak ringan dan beberapa rumah warga yang masih dalam pendataan.


Berikutnya BPBD Kota Blitar merangkum ada 8 unit rumah rusak ringan, 4 unit rumah rusak sedang dan 1 unit rumah rusak berat. Selain itu RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar rusak ringan, masjid di lingkunan kantor BTN Gedog rusak ringan, gereja rusak ringan, MI Hidayatulloh rusak ringan, SDN Pakunden 2 rusak sedang, perpustakaan rusak sedang, Autis Center rusak sedang, Depo Arsip Kelurahan Tanggung di Kecamatan Kepanjen Kidul rusak ringan, Inspektorat Kota Blitar rusak ringan dan kandang ternak roboh menimpa 11 ekor kambing.


BPBD Kota Malang menyebut ada 1 gedung rusunawa rusak ringan dan 1 rumah rusak sedang, BPBD Kota Kediri melaporkan Gedung IIK Baktiwiyata rusak ringan, BPBD Kabupaten Gresik melaporkan 1 unit rumah rusak ringan, BPBD Kabupaten Ponorogo melaporkan 1 unit rumah rusak ringan dan 1 unit rumah rusak berat.


Selanjutnya BPBD Kabupaten Probolinggo merangkum ada 7 unit rumah rusak ringan, 2 unit rusak berat, 1 tempat ibadah rusak, 1 gudang rusak dan bangunan bersejarah retak dan rusak ringan.


BPBD Kabupaten Jember merinci rumah rusak sedang ada 12 unit, rumah rusak berat 3 unit, rumah rusak ringan ada 21 unit, masjid rusak sedang 1 unit dan musala rusak ringan 1 unit.


Kemudian BPBD Tulungagung melaporkan sedikitnya 44 unit rumah rusak ringan, 5 unit rumah rusak berat, 4 unit rumah ibadah rusak dan 1 buah ruko pasar rusak.


Berikutnya BPBD Kota Batu merangkum ada kerusakan di fasilitas umum Batu Secret Zoo, SMA Kota Batu rusak sedang, Gedung DPRD Kota Batu rusak ringan, SMP PGRI Kota Batu rusak ringan, asrama putri MAN 3 Ma’had Al Ulya Kota Batu rusak ringan dan 1 unit bengkel rusak ringan.


Adapun BPBD Kabupaten Nganjuk dan BPBD Kabupaten Pacitan melaporkan adanya kerusakan 1 unit rumah di wilayahnya masing-masing.

 

Kontributor: Anty Husnawati
Editor: Kendi Setiawan


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya