Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Dilantik, IPNU IPPNU Bangkalan Fokus Kembangkan Literasi

Dilantik, IPNU IPPNU Bangkalan Fokus Kembangkan Literasi
Pelantikan PC IPNU IPPNU Bangkalan.
Pelantikan PC IPNU IPPNU Bangkalan.

Bangkalan, NU Online

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul ulama (IPPNU) masa khidmat 2021-2023 resmi dilantik di Gedung Aula SMP Pondok Pesantren Al-Hikam, Kemayoran, Bangkalan, Jawa Timur, Ahad (5/09/21).


Ketua PC IPNU Bangkalan Agus Ainul Yaqin menyampaikan bahwa literasi adalah satu-satunya hal yang harus ditekankan dalam pola pengembangan potensi pelajar di Bangkalan, demi keberlangsungan kaderisasi IPNU IPPNU. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat, yakni “Reaktualisasi IPNU IPPNU Bangkalan menuju Generasi Aktif Berliterasi dalam Menyongsong Penguatan Organisasi”. Hal yang sama disampaikan Ketua PC IPPNU Bangkalan Mufarrohah. Bersama IPNU, pihaknya siap menyukseskan pengembangan literasi pelajar di Bangkalan.


Ketua Pimpinan Wilayah IPNU Jawa Timur Khoirul Mubtadi’in dalam sambutannya memberi tawaran bahwa selain menekankan literasi pada pengembangan pelajar, ada dua hal yang juga sangat penting untuk diperhatikan, yaitu (1) kemandirian organisasi; dan (2) visitasi organisasi. Ketua PW IPPNU Jawa Timur Puput Kurniawati juga ikut berpesan kepada seluruh pengurus PC IPNU IPPNU Kabupaten Bangkalan, untuk selaku melakukan aktivitas kaderisasi.


Sementara itu, Ketua Tanfidziah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangkalan KH Makki Nasir dalam sambutannya sangat mengapresiasi pada acara pelantikan PC IPNU IPPNU Bangkalan ini. Sebab, ia menyaksikan bahwa proses pelajar NU di Bangkalan terlihat aktif dan kreatif serta masih dikawal dan diperhatikan oleh para senior-seniornya.


“Saya sangat bangga melihat pelajar sangat kreatif mengangkat budaya tradisional. Sebab memang hal tersebut sebenarnya tugas pelajar yang sesungguhnya, mengangkat budaya, merawat, dan melestarikannya. Kemudian dijadikan penguat dan perekat keberagaman. Hal semacam inilah yang dilakukan oleh para pendahulu-pendahulu kita,” katanya.


“Kemudian daripada itu juga sangat perlu mengembangkan literasi pelajar sebab membekali pelajar dengan literasi yang bagus akan memberikan dampak yang sangat positif, salah satunya adalah pelajar akan mudah muka terhadap kondisi dan situasi yang sedang dihadapi,” lanjut alumni Pondok Pesantren Al-Khozini, Buduran, Sidoarjo itu.


Lebih lanjut, Kiai Makki juga menyampaikan bahwa IPNU IPPNU Bangkalan jangan menunggu contoh untuk bergerak, tapi bergeraklah maka akan menjadi contoh yang diikuti. Pun tidak perlu menunggu motivasi untuk bergerak, tapi bergeraklah, maka akan termotivasi.


Di akhir acara, seluruh perwakilan Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Bangkalan menerima buku “KH Moh Tolchah Mansoer: Biografi Profesor NU yang Terlupakan” sebagai simbol gerakan literasi PC IPNU IPPNU kabupaten Bangkalan. Sementara sebelum pelantikan, kegiatan dibuka dengan tari Saman dan tari Kamantakah yang diperankan oleh anggota IPPNU Bangkalan.

Kontributor: Sunnatullah
Editor: Syakir NF


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya