Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Cegah Banjir, Banser dan Ratusan Pelajar NU Ikut Tanam Pohon

Cegah Banjir, Banser dan Ratusan Pelajar NU Ikut Tanam Pohon
Beberapa anggota Banser dan Ratusan Pelajar NU di Brebes menanam pohon. (Foto: NU Online/Wasdiun)
Beberapa anggota Banser dan Ratusan Pelajar NU di Brebes menanam pohon. (Foto: NU Online/Wasdiun)
Brebes, NU Online
Beberapa anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan ratusan Pelajar Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Brebe, Jawa Tengah ikut tanam pohon dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-342 Kabupaten Brebes 2020. Penanaman pohon dilakukan antara lain di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma'arif NU 1 Ketanggungan di desa Sindangjaya, Ketanggungan, Rabu (15/1).
 
"Memeriahkan Hari Jadi Brebes dan peduli lingkungan, Banser kami kerahkan untuk menanam pohon bersama peserta gerak jalan dan masyarakat," ungkap Komandan Satkorcam Banser Ketanggungan Ahmad Fauzan di sela kegiatan.
 
Lomba gerak jalan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-342 Kabupaten Brebes 2020 ini berbeda dari biasanya. Karena peserta dipupuk kesadarannya untuk menanam pohon sebagai upaya pencegahan banjir dan reboisasi. Kegiatan ini sekaligus menindaklanjuti instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar pegunungan di wilayah Brebes kembali ditanami pohon akibat banyak yang gundul.
 
"Sesuai instruksi Pak Gubernur saat berkunjung ke Brebes kemarin (14/1), hari ini kita langsung melakukan tanam pohon," ajak Bupati Brebes Hj Idza Priyanti.
 
Langkah antisipasi terjadinya banjir, lanjut Idza, antara lain dengan melakukan penanaman pohon di wilayah hulu Kecamatan Ketanggungan. Maka kegiatan gerak jalan pun dipindahkan lokasinya, yang semula di Kecamatan Bulakamba pindah ke Kecamatan Ketanggungan, di daerah pegunungan.
 
Bupati mengaku prihatin melihat hutan diperbukitan banyak yang gundul sehingga menyebabkan bencana banjir, seperti yang terjadi di Ketanggungan, Rabu (8/1) lalu. Untuk itu, seluruh peserta gerak jalan dan warga masyarakat menanam 15 ribu batang bibit pohon.
 
"Mudah-mudahan, dengan makin banyaknya pohon yang tumbuh besar, air tidak langsung turun ke sungai tetapi diserap ke tanah sehingga tidak terjadi bencana banjir lagi dikemudian hari," harapnya.
 
Idza juga berpesan agar masyarakat selalu menjaga alam antara lain dengan menanam Pohon. "Masyarakat harus memanfaatkan lahan, dengan ditanami tumbuhan besar," ujar Idza.
 
Pemindahan lokasi lomba gerak jalan secara mendadak tidak menyurutkan langkah peserta. Terbukti, sebanyak 151 Regu mengikuti gerak jalan dan tanam pohon dengan antusias.
 
Dengan semangat, ribuan peserta gerak jalan melakukan penanaman pohon di beberapa desa yang ada di Kecamatan Ketanggungan bagian selatan, antara lain desa Cikeusal Lor, Cikeusal Kidul, Jemasih, dan Pamedaran.
 
Usai penanaman pohon dan penyerahan hadiah pemenang lomba gerak jalan, Bupati Brebes di damping suami Kompol Warsidin, Wakil Bupati Narjo dan para Kepala OPD menyempatkan meninjau beberapa titik longsor dan meminta untuk dinas terkait agar secepatnya melakukan penanganan secepatnya. 
 
Kontributor: Wasdiun
Editor: Syamsul Arifin

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya