Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

71 Ribu Shalawat Tandai Peringati Harlah Ke-71 Fatayat NU di Jambi

71 Ribu Shalawat Tandai Peringati Harlah Ke-71 Fatayat NU di Jambi
Harlah ke -71 Fatayat NU di Provinsi Jambi. (Foto: NU Online/ Dedy)
Harlah ke -71 Fatayat NU di Provinsi Jambi. (Foto: NU Online/ Dedy)

Jambi, NU Online
Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Provinsi Jambi memiliki cara sendiri dalam merayakan hari lahir organisasinya yang ke-71. Organisasi pemudi NU ini menggelar pembacaan Shalawat Tibbil Qulub sebanyak 71 ribu kali dibarengkan dengan Khatmil Qur’an yang dilaksanakan pada Sabtu (24/4) lalu.


Ketua PW Fatayat NU Jambi Sri Rahayu mengatakan bahwa cara ini dilakukan untuk memohon perlindungan dari Allah dari berbagai macam mara bahaya dan menjadi sarana tolak bala. Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum mereda, ikhtiar lahir dan batin perlu terus dilakukan.


“Khususnya Provinsi Jambi yang rawan kebakaran hutan dan lahan yang bisa mengganggu kesehatan masyarakat. Kita berdoa agar tahun ini tidak terjadi di Jambi, apalagi saat ini kita sudah mendekati musim kemarau," jelas Sri Rahayu.


Pembacaan shalawat 71 ribu kali ini dilakukan secara serentak oleh 11 Pimpinan Cabang Fatayat NU yang ada di kabupaten di Jambi. Selain itu pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) di tingkat kecamatan juga ikut serta. Untuk pelaksanaan di tingkat pimpinan wilayah, kegiatan diisi tausiyah oleh Ustazah Siti Jarnah yang juga ketua Forum Daiyah Fatayat NU (Fordaf).


Dengan berbagai kegiatan yang melibatkan para pengurus ini diharapkan juga bisa menjadi perekat silaturrahmi antar pengurus dan kader Fatayat di Provinsi Jambi hingga tingkat kepengurusan PAC.


Selain kegiatan Khatmil Qur’an dan baca Shalawat, PW Fatayat NU Jambi juga menggelar bakti sosial dengan membagikan sembako, takjil, dan santunan untuk anak yatim dan piatu serta dhuafa yang ada di Provinsi Jambi.


Suhaibatul Aslamiyah, koordinator kegiatan berharap bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban masyarakat yang tidak mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Meski tak banyak, namun ia berharap bisa sedikit membantu persoalan ekonomi dan kebutuhan sehari-hari warga yang membutuhkan.


"Sebagian ada yang kita bagikan pada saat kegiatan. Sebagian lagi kita salurkan langsung dengan mendatangi anak-anak yatim dan dhuafa di rumahnya," pungkasnya.


Kontributor: Dedy Nurdin
Editor: Muhammad Faizin


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya