Daerah

Pawai Taaruf dari Pendopo Meriahkan Hari Santri di Situbondo

Ahad, 16 Oktober 2022 | 12:30 WIB

Pawai Taaruf dari Pendopo Meriahkan Hari Santri di Situbondo

Ketua PCNU Situbondo menyambut pawai taaruf peringatan Hari Santri 2022. (Foto: NUO/Miftahul Alimin) 

Situbondo, NU Online 
Bunyi sirine di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo, Jawa Timur menandakan pembukaan atau launching kegiatan 1 Abad NU, Sabtu (15/10/2022). Sirine menyambut kedatangan peserta pawai taaruf yang berjalan dari Pendopo Arya Pemerintah Kabupaten Situbondo menuju kantor NU setempat. 


Berbeda dengan kawasan lain, dalam menyambut kebangkitan kedua NU pada rangkaian 1 abad ini, PCNU Situbondo merancang 116 kegiatan. Hal tersebut mulai dilakukan saat pawai hingga puncak 1 abad pada Februari 2023 mendatang.


Agenda kick off merupakan launching rangkaian kegiatan 1 abad NU. Sebagai agenda perdana dilaksanakan pawai taaruf yang diikuti oleh Taman Kanak-kanak dan Raudlatul Athfal (RA) se Situbondo. Sejumlah lembaga tersebut berada di bawah binaan Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’aarif NU dan PC Muslimat NU setempat. 

ADVERTISEMENT BY OPTAD


“Kick off merupakan pertanda bahwa 116 rangkaian kegiatan PCNU Situbondo menyambut 1 abad resmi dilaunching atau diluncurkan,” kata ketua panitia, KH Zakariya Al-Ansori.


Wakil Katib PCNU Situbondo tersebut mengemukakan bahwa pawai taaruf diberangkatkan langsung oleh Bupati Situbondo H Karna Suswandi. Rutenya adalah dari pendopo dan finish di kantor PCNU Situbondo yakni Jalan Mimbaan Barat yang disambut PCNU dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo.


“Kami mengapresiasi kegiatan PCNU Situbondo dan terus berharap agar meningkatkan kegiatan penyelengaraan even hingga tingkat nasional,” kata bupati saat sambutan.


Dalam menyambut kebangkitan kedua NU, PCNU Situbondo merencanakan kegiatan yang bersifat mingguan ataupun even besar seperti napak tilas pada November mendatang hingga puncak 1 abad bulan Februari 2023. 

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Untuk lebih efektinya pelaksanaan 116 kegiatan, Kiai Zakariya selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa telah dirancang strategi pelaksanaan dengan masing-masing penanggung jawab kegiatan agar pelaksanaannya tidak ada benturan. 


“Untuk lebih tertib dan suksesnya seluruh kegiatan, panitia membentuk penanggung jawab masing-masing kegiatan. Mereka memikirkan arah kegiatan dan kebutuhan yang nantinya dikoordinasikan pelaksanaanya pada panitia 1 abad,” terangnya.


“Bismillah dengan ini kegiatan 1 abad PCNU Situbondo resmi dilauncing,” kata Ketua PCNU Situbondo, KH Muhyiddin Khotib. 

 

Kontributor: Miftahul Alimin 
Editor: Syaifullah Ibnu Nawawi