Daerah

Giliran LAZISNU Sumenep Kirim Bantuan Air Bersih

Ahad, 6 Oktober 2019 | 08:30 WIB

Giliran LAZISNU Sumenep Kirim Bantuan Air Bersih

Tim LAZISNU Sumenep mengirimkan air bersih untuk warga terdampak kemarau panjang. (Foto: NU Online/Zainul Hasan)

Sumenep, NU Online
Sejumlah kawasan di Tanah Air mengalami kekurangan air. Hal tersebut tentu saja menyulitkan warga yang membutuhkan air bersih untuk kebutuhan harian. Hal tersebut juga terjadi di Sumenep, Jawa Timur.
 
Demi meringankan warga yang terdampak kemarau panjang tersebut, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat dan Infaq Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumenep menyalurkan bantuan air bersih.
 
Tim pelaksana bantuan air bersih LAZISNU, Abdul Hadi mengatakan bahwa bantuan sebagai buah kerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep.
 
“Data yang masuk ke LAZISNU ada 4 wilayah yang butuh bantuan pasokan air bersih, seperi Kecamatan Pasongsongan, Batuputih, Batang-batang dan Bluto,” katanya, Sabtu (5/10).
 
Menurutnya, kegiatan ini bermula dari informasi warga di desa-desa tersebut yang mengalami kesulitan untuk mandi dan minum karena kemarau panjang. Karenanya perlu pasokan air bersih. 
 
“Maka dari itu, LAZISNU dengan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama setempat berupaya memberi bantuan,” jelasnya.
 
Dalam penuturuannya, air bersih diambil dari desa terdekat yang memiliki sumber mata air dengan swadaya masyarakat. 
 
“Kita hanya menyediakan mobil tangki. Harapannya masyarakat bisa terbantu dan bisa terpenuhi kebutuhan air untuk kebutihan sehari-harinya,” urainya.
 
Direncanakan, bantuan air bersih tersebut akan dilakukan sebanyak 5 kali. Namun, tim pelaksana terkendala medan yang berat. Akibatnya, hanya yang dapat dipenuhi hanya dua tangki bantuan air bersih di desa tersebut.
 
“Kami jadwalkan bantuan air bersih untuk masyarakat terdampak, isyaallah sampai besok,” katanya.
 
Selain bekerja sama dengan BPBD Sumenep, LAZISNU juga menjalin komunikasi dengan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama di desa setempat untuk memudahkan penyerahan bantuan air bersih. Dan juga agar bantuan tepat sasaran.
 
Abdul Hadi menambahkan, untuk pelaksanaan bantuan ke kecamatan lain, LAZISNU akan bekerja sama dengan LPBI dan Baznas.
 
“Hal ini  kami lakukan supaya bantuan air bersih dari lembaga dapat diterima secara merata,” ungkapnya. 
 
Ikhtiar yang dilakukan diharapkan dapat meringankan beban warga yang demikian kesulitan memenuhi kebutuhan harian terkait air bersih.
 
“Semoga bantuan ini bisa berlanjut di hari-hari yang lain, sehingga ketersediaan air warga bisa tersambung,” harapnya.
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 
 

ADVERTISEMENT BY ANYMIND