Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ribuan Umat Islam Meriahkan Pawai Rolasan

Ribuan Umat Islam Meriahkan Pawai Rolasan

Tegal, NU Online
Ribuan umat Islam mengikuti Pawai Rolasan keliling Kota Tegal dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (4/2) malam.

Meski pada sore harinya sempat diguyur hujan, kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun itu berlangsung meriah. Setiap rute yang dilewati peserta pawai, selalu dipadati masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung acara tersebut.<>

Rombongan peserta pawai dilepas langsung oleh Wali Kota Tegal H Ikmal Jaya SE Ak dari Alun-alun. Setelah itu, peserta melalui rute Jalan KH Dahlan, RA Kartini, Pangeran Diponegoro, Ahmad Yani, Setia Budi, Kaligung, dan berakhir di Masjid KH Mukhlas. Dalam kegiatan itu, para peserta menampilkan sejumlah atraksi, seperti marching band, rebana, pawai obor dan calung.

Wali Kota mengatakan, Pawai Rolasan yang digagas oleh KH Muhklas, salah satu tokoh agama di Kota Tegal pada zaman perjuangan memiliki potensi untuk dijadikan sebagai salah satu potensi unggulan wisata religi.

"Menjelang program Tegal Wisata tahun 2014 potensi-potensi yang ada di Kota Tegal, termasuk di dalamnya pawai rolasan akan dipersiapkan dan dipelajari agar nantinya bisa menjadi daya tarik tersendiri, sehingga di tahun 2014 Tegal Wisata nantinya bisa menjadi magnet daya tarik bagi warga dari luar kota Tegal untuk mengunjungi kota Tegal," katanya.

Menurut dia, selain Pawai Rolasan Kota Tegal juga masih memiliki potensi-potensi wisata religi unggulan lainnya yang masih harus di gali dan diangkat lagi, seperti yang dikenal dengan wisata religi yang setiap tahun ramai dikunjungi masyarakat Kota Tegal, bahkan warga pendatang jauh dari luar kota seperti terlihat di Khaul Mbah Panggung, Khaul Haddad maupun tradisi Tao Pek Kong muapun Cap Go Meh.

"Ke depan Pemkot akan melihat potensi-potensi lokal yang bisa diangkat, namun belum tergali secara maksimal, sehingga ke depan Kota Tegal bisa menjadi sebuah kota tempat tujuan wisata," ujarnya.



Redaktur : Syaifullah Amin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×