Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

PWNU Kalsel Gelar Peringatan Maulid Nabi

PWNU Kalsel Gelar Peringatan Maulid Nabi
Banjarmasin, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Selatan menggelar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Masjid Noor, komplek Bumimas Km 4,5 Banjarmasin, Rabu (9/2). Pembacaan syair Maulid Al-Habsyi yang dilantunkan oleh perkumpulan Maulid Habsy yang berasal dari Darussalam Sekumpul Martapura.

hadir dalam peringatan maulid ini adalah jajaran jajaran pengurus syuriah dan tanfidziyyah PWNU Kalimantan Selatan, tokoh-tokoh Agama atau Tuan Guru sekitar wilayah Banjarmasin. Ceramah Hikmah Peringatan Maulid Nabi disampaikan oleh Habib al-Habsy dari Surabaya.
/>
Dalam tausiahnya habib mengajak para hadirin untuk meneladani Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan bermasyarakat. Karena Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan bagi semua contoh kondisi kehidupan.

"Membangun masyarakat berperadaban itulah yang dilakukan Nabi. Beliau membangun masyarakat yang adil, terbuka, dan demokratis, dengan landasan takwa kepada Allah dan taat kepada ajaran-Nya," tutr al-Habsyi.

lebih lanjut al-Habsyi menyatakan, selain sangat penting memelihara hubungan dengan sesama manusia, umat Islam juga sangat perlu untuk menjaga hablun minallah. Karena tali hubungan dengan Allah dalam dimensi vertikal hidup manusia merupakan salah satu jaminan untuk manusia agar tidak jatuh hina dan nista.

"Semangat Rabbaniyah atau ribbiyah itu, jika cukup tulus dan sejati, akan memancar dalam semangat perikemanusiaan, yaitu semangat insaniyah, atau basyariyah yang merupakan dimensi horisontal hidup manusia atau hablun minannaas. (hyn)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×