Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Lazisnu Jombang Ubah Mustahiq Menjadi Munfiq

Lazisnu Jombang Ubah Mustahiq Menjadi Munfiq

Jombang, NU Online
Di awal bulan Ramadhan 1432 H ini, Lazisnu Jombang melaksanakan program distribusi Nu’preneur (program pemberian modal usaha) yang pertama. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada Minggu (7/8) di Sambongduran Gang III Sambong Jombang Jawa Timur.

Pelaksanaan kegiatan tersebut bertepatan dengan kegiatan rutin kelompok perempuan Sambongduran Jaya yang diketuai Atin Abatawi.

<>
Kelompok perempuan ini sudah ada sejak 3 tahun yang lalu, yang didirikan bukan karena ada proyek tetapi karena kesadaran anggota untuk menggapai hidup yang lebih sejahtera. Lazisnu Jombang, kali ini bekerjasama dengan kelompok ini dalam melakukan program distribusi Nu’preneur.
 
Menurut Atin, kegiatan kelompok ini sejak semula ditujukan untuk membantu masyarakat Sambongduran yang menjadi anggota kelompok.

“Sebagian besar anggota kelompok ini adalah masyarakat kurang mampu, yang berprofesi sebagai pedagang kecil di sekitar jalan Almimbar Jombang,” jelas Atin.
 
“Namun yang lebih utama dari pendirian kegiatan simpan pinjam kelompok ini adalah untuk melawan keberadaan rentenir yang dirasa sangat memberatkan. Hal ini karena sebagai besar anggota sebelumnya adalah nasabah bank thithil (rentenir, red.) yang cukup,” lanjutnya.
 
Adadpun dalam kesempatan distribusi tersebut, Lazisnu Jombang memberikan bantuan modal sebesar Rp. 3.000.000. Dana ini merupakan pinjaman, yang selanjutnya dalam waktu sepuluh bulan dikembalikan berupa infaq.
 
Wakil Ketua Lazisnu Jombang Edy Labib Patriadin mengharap, bantuan modal dengan cara seperti ini akan membantu masyarakat untuk menyelesaikan problem utamanya, yaitu sulit mengakses modal.
 
“Dan yang lebih penting, karena dana nanti dikembalikan berupa infaq dalam sepuluh bulan, maka secara langsung, Lazisnu Jombang sudah menjadikan para mustahiq, dalam sepuluh bulan, menjadi munfiq. Hal ini seperti yang kita cita-citakan semula, yaitu menjadikan mustahiq sebabagi muzakki atau munfiq. Model seperti ini sudah dibahas dengan dewan syari’ah Lazisnu Jombang,” kata Edy lebih.
 
Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, dalam bulan Ramadhan ini, Lazisnu Jombang akan melakukan distribusi NU’preneur di empat tempat di Jombang. Antara lain di Sambongduran Sambong Jombang, Badang Ngoro, Bajang Karanglo Mojowarno dan Denanyar Jombang.

Redaktur    : Hamzah Sahal
Kontributor: Muslimin Abdilla



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×