Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kanzus Sholawat Gelar Maulid di 95 Tempat

Kanzus Sholawat Gelar Maulid di 95 Tempat
Pekalongan, NU Online
Sebanyak 95 lokasi menyatakan kesediannya menjadi tempat rangkaian kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW 1432 Hijriyah yang digelar Kanzus Sholawat Pekalongan.

Dari lokasi lokasi yang telah menyatakan kesediannya tersebar di berbagai wilayah di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat Hingga Jakarta.<>

"Alhamdulillah minat masyarakat untuk menggelar kegiatan maulid nabi dalam paket Kanzus Sholawat dari tahun ke tahun terus bertambah," ujar H Suwardi Sekretaris Pengurus Kanzus Sholawat kepada NU Online, Selasa.

Dikatakan, rangkaian kegiatan maulid yang dimotori Kanzus Sholawat akan diawali Rabu besok (9/3) di Kanzus Sholawat Pekalongan dan akan berakhir tanggal 30 Juli atau 1 hari menjelang puasa Ramadhan 1432 Hijriyah.

Menurut Suwardi, minat menyelenggarakan kegiatan peringatan maulid tidak saja masyarakat atau kelompok masyarakat saja, akan tetapi pemerintah daerah pun juga tidak mau ketinggalan mengadakan kegiatan peringatan maulid, meski tidak pada bulan maulid.

Tentu ini sangat menggembirakan, di tengah sebagian pihak menyatakan peringatan maulid dianggap bid'ah dan bahkan ada yang berani mengharamkan, minat masyarakat cukup besar karena ini sesuatu kegiatan yang sangat positif yang bisa menyatukan masyarakat dari berbagai kalangan, ada masyakat sipil TNI hingga polisi, ujar Suwardi.

Sementara itu, kegiatan pembuka rangkaian maulid nabi akan dipusatkan di Kanzus Sholawat Rabu besok yang diisi dengan berbagai kegiatan penunjang antara lain khataman Al Qur'an dan pembacaan maulid simtud duror di makam Habib Thoha Cirebon, Nikah maulid, pawai panjang jimat. Kemudian pembacaan rotibul kubro, pembacaan dalailul khoirot pengajian kitab Ihya Ulumuddin, pentas seni gambus dan puncak acara pembacaan maulid nabi yang akan dihadiri ratusan ribu ummat islam dari berbagai penjuru.

Beberapa menteri yang telah menyatakan siap hadir antara lain Menteri Agama RI H Surya Dharma Ali, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi H Muhaimin Iskandar dan Meteri Pendidikan Nasional M Nuh. Sedangkan beberapa anggota DPR RI seperti H Nusron Wahid juga akan hadir sekaligus melakukan konsolidasi Ansor se eks Karesidenan Pekalongan pada Selasa ini di Pekalongan. (iz)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×