Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kang Said: Umat Islam Harus Jadi Pioner

Kang Said: Umat Islam Harus Jadi Pioner

Jakarta, NU Online
Alhamdulilah kita masih jadi manusia muslim. Muslim bukan hanya KTP. Islam di KTP juga penting. Tetapi yang lebih penting adalah kita umat Islam yang berperan di atas bumi ini,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Aqil Siroj dalam Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW 1433, di Kantor Menperra Jl. Raden Fatah Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Ahad (11/3).
<>
Allah mengamanatkan umat Islam untuk itu, Wa kadza lika ja‘alnakum ummatan wasathan litakunu syuhada’a alan nas wa yakunar rasulu alaikum syahida. Umat Islam harus berperan agar umat yang lain menonton. Umat Islam harus berjuang agar menjadi contoh, idola, dan cermin kemajuan bagi umat agama lain.

Semangat ayat di atas menghendaki umat Islam untuk menjadi pioner, pelaku, penopang, penggerak peradaban, ilmu pengetahuan, budaya, akhlak, moral penegak hukum, penentang kezaliman, dan pembela kebenaran.

Umat Islam idealnya berada di barisan terdepan berkontribusi positif dalam mengisi peradaban manusia. Akhlak mulia dan pengetahuan adalah modal utama yang dikedepankan umat Islam dalam interaksi dengan umat agama lain.

Dengan berdiri sebagai pelopor peradaban manusia, umat Islam akan menjadi suri teladan bagi umat agama lain. Hal ini bisa terjadi kalau umat Islam mengambil nafas ayat di atas, wa yakunar rasulu alaikum syahida

Artinya, umat agama lain mau meneladani umat Islam hanya karena umat Islam meneladani Rasulullah SAW. Dalam semangat Maulid Rasululullah SAW, nahdliyin dan semua umat Islam mesti berjuang dengan berdiri di depan mengisi segala lini kehidupan agar umat lain mencontoh umat ini, tutup Kang Said.



Redaktur : Syaifullah Amin
Penulis    : Alhafiz Kurniawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×