Syariah

Waktu Penyembelihan Kurban ketika Shalat Idul Adha Ditiadakan

NU Online  Ā·  Kamis, 15 Juli 2021 | 10:00 WIB

Waktu Penyembelihan Kurban ketika Shalat Idul Adha Ditiadakan

Jadi, ketika shalat Idul Adha ditiadakan karena pandemi atau uzur lainnya, waktu penyembelihan hewan kurban bukan berarti dimajukan. Waktu penyembelihan hewan kurban tetap dimulai setelah durasi pelaksanaan shalat dan khotbah singkat Idul Adha diperkirakan berlalu.

Penyembelihan hewan kurban (udhiyah/tadhiyah) dilaksanakan pada hari nahar (tanggal 10 Dzulhijjah/hari raya Idul Adha) hingga hari taysrik (11, 12, dan 13 Dzulhijjah). Penyembelihan kurban sangat dianjurkan bagi umat Islam (yaitu mereka yang mampu) sebagai bentuk syiar agama.


Imam An-Nawawi menjelaskannya sebagai berikut:


Ų§Ł„ŲŖŲ¶Ų­ŁŠŲ© سنة Ł…Ų¤ŁƒŲÆŲ© وؓعار ظاهر. ŁŠŁ†ŲØŲŗŁŠ لمن قدر أن يحافظ Ų¹Ł„ŁŠŁ‡Ų§


Artinya, ā€œIbadah kurban itu sunah muakkad dan syiar yang nyata. Orang yang mampu seyogianya menjaga kesunahan ini,ā€ (lihat Al-ImamĀ An-Nawawi, Raudhatut Thalibin wa Umdatul Muftin, [Beirut: Darul Fikr: 2005 M/1425-1426 H], juz II, halaman 462).


Waktu penyembelihan hewan kurban berawal dari terbitnya matahari pada hari nahar/hari raya Idul Adha (10), persisnya setelah berlalu sekira orang melakukan shalat dua rakaat dan menyampaikan dua khotbah singkat. Ā 


Ł‚ŁˆŁ„Ł‡ (ŁˆŁˆŁ‚ŲŖ Ų§Ł„ŲŖŲ¶Ų­ŁŠŲ©) ŁŠŲÆŲ®Ł„ (ŲØŲ¹ŲÆ Ų·Ł„ŁˆŲ¹ الؓمس ŁŠŁˆŁ… النحر و) ŲØŲ¹ŲÆ (Ł…Ų¶ŁŠ قدر Ų±ŁƒŲ¹ŲŖŁŠŁ† ŁˆŲ®Ų·ŲØŲŖŁŠŁ† خفيفات) بأن ŁŠŁ…Ų¶ŁŠ من Ų§Ł„Ų·Ł„ŁˆŲ¹ أقل Ł…Ų§ ŁŠŲ¬Ų²Ł‰Ų” من Ų°Ł„Łƒ ŁˆŲ„Ł† لم يخرج ŁˆŁ‚ŲŖ Ų§Ł„ŁƒŲ±Ų§Ł‡Ų© ŁˆŁ„Ł… يذبح ال؄مام. ŁŁ„Łˆ Ų°ŲØŲ­ قبل Ų°Ł„Łƒ لم يجز ŁˆŁƒŲ§Ł† Ų“Ų§Ų© لحم لخبر Ų§Ł„ŲµŲ­ŁŠŲ­ŁŠŁ† Ų£ŁŽŁˆŁ‘ŁŽŁ„Ł Ł…ŁŽŲ§ Ł†ŁŽŲØŁ’ŲÆŁŽŲ£Ł بِهِ فِي ŁŠŁŽŁˆŁ’Ł…ŁŁ†ŁŽŲ§ Ł‡ŁŽŲ°ŁŽŲ§ Ł†ŁŲµŁŽŁ„Ł‘ŁŁŠ ، Ų«ŁŁ…Ł‘ŁŽ Ł†ŁŽŲ±Ł’Ų¬ŁŲ¹Ł ŁŁŽŁ†ŁŽŁ†Ł’Ų­ŁŽŲ±Ł Ł…ŁŽŁ†Ł’ ŁŁŽŲ¹ŁŽŁ„ŁŽ Ų°ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽ ŁŁŽŁ‚ŁŽŲÆŁ’ Ų£ŁŽŲµŁŽŲ§ŲØŁŽ Ų³ŁŁ†Ł‘ŁŽŲŖŁŽŁ†ŁŽŲ§ ، ŁˆŁŽŁ…ŁŽŁ†Ł’ Ų°ŁŽŲØŁŽŲ­ŁŽ Ł‚ŁŽŲØŁ’Ł„Ł ŁŁŽŲ„ŁŁ†Ł‘ŁŽŁ…ŁŽŲ§ Ł‡ŁŁˆŁŽ Ł„ŁŽŲ­Ł’Ł…ŁŒ Ł‚ŁŽŲÆŁ‘ŁŽŁ…ŁŽŁ‡Ł Ł„ŁŲ£ŁŽŁ‡Ł’Ł„ŁŁ‡Ł Ł„ŁŽŁŠŁ’Ų³ŁŽ مِنْ Ų§Ł„Ł†Ł‘ŁŲ³ŁŁƒŁ فِي Ų“ŁŽŁŠŁ’Ų”Ł


Artinya, ā€œ(Awal) waktu penyembelihan kurban masuk setelah matahari terbit pada hari nahar (hari raya Idhul Adha) dan setelah berlalu sekira pelaksanaan shalat dua rakaat dan dua khotbah ringan, yaitu sekadar durasi minimal pelaksanaan itu, sekalipun tidak keluar waktu makruh dan sekalipun imam (kepala negara) tidak menyembelih kurban. Kalau seseorang menyembelih kurban sebelum itu (waktunya), maka tidak boleh dan ia menjadi kambing pedaging sebagaimana hadits pada Bukhari dan Muslim, ā€˜Awal kali yang kami lakukan pada hari (nahar) kami ini adalah melaksanakan shalat. Kemudian kami pulang, lalu menyembelih hewan kurban. Siapa saja yang melakukannya maka ia telah mendapatkan sunnah kami. Tetapi siapa saja yang menyembelih (hewan) sebelum itu, maka ia menjadi (hewan pe)-daging yang dipersembahkan untuk keluarganya, tidak mendapatkan sedikitpun keutamaan kurban,ā€™ā€ (Syekh Said bin Muhammad Ba’asyin, Buysral Karim bi Syarhi Masa’ilit Ta’lim, [Beirut, Darul Fikr: 2012 M/1433-1434 H], juz II, halaman 588).


Adapun penyembelihan hewan kurban sebelum waktu kurban yang ditentukan tidak bernilai ibadah kurban. Penyembelihan hewan kurban sebelum waktunya dianggap sebagai penyembelihan biasa yang tidak mengandung keutamaan kurban sebagaimana keterangan hadits Bukhari dan Muslim yang dikutip Syekh Said Ba’asyin.


Oleh karena itu, ulama fiqih menyimpulkan bahwa penyembelihan hewan kurban sebelum waktunya tidak dapat disebut ibadah kurban karena menyalahi ketentuan. Berikut ini pandangan salah satu ulama dari mazhab syafi’i terkait penyembelihan hewan kurban sebelum waktunya.Ā 


ŁŁ„Łˆ Ų°ŲØŲ­ قبل Ų°Ł„Łƒ لم ŁŠŁ‚Ų¹ أضحية


Artinya, ā€œSiapa saja yang menyembelih (hewan) sebelum (waktunya) itu, maka ia tidak menjadi ibadah kurban,ā€ (Sayyid Bakri Syatha, I’anatut Thalibin, [Beirut, Darul Fikr: 2005 M/1425-1426 H], juz II, halaman 377).


Lalu bagaimana dengan waktu penyembelihan hewan kurban ketika shalat Idul Adha ditiadakan di masjid-masjid seperti pelaksanaan shalat Idul Adha (1442 H yang bertepatan dengan 20 Juli 2021 M) di rumah saat pandemi? Hampir dapat dipastikan (meski sebagian kecil keluarga juga menggelar khotbah shalat Idul Adha di rumah) bahwa shalat Idul Adha dua rakaat di rumah tidak diikuti dengan khotbah shalat Id.


Ketika shalat Idul Adha ditiadakan di masjid, tentu berikut dengan khotbahnya, maka penyembelihan hewan kurban disarankan untuk dilaksanakan setelah waktu shalat dua rakaat dan dua khotbah singkat Idul Adha berlalu pada umumnya.


ŁŁŽŁ„ŁŽŁˆŁ’ Ų°ŁŽŲØŁŽŲ­ŁŽ Ł‚ŁŽŲØŁ’Ł„ŁŽ Ų°ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽ Ų£ŁŽŁˆŁ’ ŲØŁŽŲ¹Ł’ŲÆŁŽŁ‡Ł Ł„ŁŽŁ…Ł’ ŁŠŁŽŁ‚ŁŽŲ¹Ł’ Ų£ŁŲ¶Ł’Ų­ŁŁŠŁ‘ŁŽŲ©Ł‹. . . (ŁˆŁŽŲ§Ł„Ł’Ų£ŁŽŁŁ’Ų¶ŁŽŁ„Ł ŲŖŁŽŲ£Ł’Ų®ŁŁŠŲ±ŁŁ‡ŁŽŲ§ Ų„Ł„ŁŽŁ‰ Ł…ŁŲ¶ŁŁŠŁ‘Ł Ų°ŁŽŁ„ŁŁƒŁŽ مِنْ Ų§Ų±Ł’ŲŖŁŁŁŽŲ§Ų¹ŁŁ‡ŁŽŲ§) Ų£ŁŽŁŠŁ’ Ų“ŁŽŁ…Ł’Ų³Ł ŁŠŁŽŁˆŁ’Ł…Ł Ų§Ł„Ł†Ł‘ŁŽŲ­Ł’Ų±Ł (ŁƒŁŽŲ±ŁŁ…Ł’Ų­Ł) Ų®ŁŲ±ŁŁˆŲ¬Ł‹Ų§ مِنْ Ų§Ł„Ł’Ų®ŁŁ„ŁŽŲ§ŁŁ


Artinya, ā€œSiapa saja yang menyembelih (hewan) sebelum atau (waktunya) itu, maka ia tidak menjadi ibadah kurban… Yang utama penyembelihan hewan kurban ditunda sampai (shalat dan khotbah singkat) itu berlalu sejak naiknya matahari pada hari nahar (Idul Adha 10 Dzulhijjah) sekira setinggi tombak untuk keluar dari ikhtilaf ulama,ā€ (Syekh Abu Zakariya Al-Anshari, Fathul Wahhab pada Hasyiyatul Bujairimi Alal Manhaj, [Beirut, Darul Fikr: 2008 M/1427-1428 H], juz IV, halaman 298).


Dengan kata lain, Syekh Abu Zakaria Al-Anshari menyarankan penyembelihan hewan kurban dilakukan sekira-kira setelah shalat dua rakaat dan khotbah singkat Idul Adha seandainya diadakan di masjid.


Jadi, ketika shalat Idul Adha ditiadakan karena pandemi atau uzur lainnya, waktu penyembelihan hewan kurban bukan berarti dimajukan. Waktu penyembelihan hewan kurban tetap dimulai setelah durasi pelaksanaan shalat dan khotbah singkat Idul Adha diperkirakan berlalu. Hal ini dimaksudkan agar keluar dari ikhtilaf. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)