Ibadah haji terdiri atas rukun haji, wajib haji, dan sunnah-sunnah haji. Semua ini yang membuat ibadah haji menjadi sempurna. Masing-masing semua itu memiliki konsekuensi yang berbeda-beda. Sebagian darinya berimplikasi serius bagi manasik haji jamaah yang bersangkutan.
Syekh Abu Syuja dari mazhab Syafiāi dalam Taqrib-nya menyebut tujuh hal yang menjadi sunnah-sunnah haji:
1. Ifrad, yaitu mendahulukan haji dibandingkan umrah.
2. Talbiyah, (membaca "Labbaik allahumma labbaik").
3. Thawaf qudum.
4. Mabit di Muzdalifah.
5. Shalat sunnah thawaf sebanyak dua rakaat.
6. Mabit di Mina.
7. Thawaf wadaā.
Namun demikian, pandangan Abu Syuja diberi catatan oleh para ulama Syafiiyah sesudahnya. KH Afifuddin Muhajir mendokumentasikan catatan verifikasi para ulama Syafiiyah tersebut. Menurutnya, sebagian sunnah haji yang disampaikan Syekh Abu Syuja masuk ke dalam wajib haji, bukan sunnah haji.
Ł) Ų§ŁŲ±Ų§ŲØŲ¹Ų© (Ų§ŁŁ
ŲØŁŲŖ ŲØŁ
Ų²ŲÆŁŁŲ©) ŁŁŁŲ© Ų§ŁŁŲŲ±. ŁŲ¹ŲÆŁ Ł
Ł Ų§ŁŲ³ŁŁ Ł
Ų±Ų¬ŁŲ ŁŲ§ŁŁ
Ų¹ŲŖŁ
ŲÆ Ų£ŁŁ ŁŲ§Ų¬ŲØ
Artinya, āKeempat (mabit di Muzdalifah) pada malam nahar (9 Dzulhijjah). Pendapat yang menganggap mabit di Muzdalifah ini lemah. Menurut pendapat yang muktamad, mabit di Muzdalifah itu masuk wajib haji,ā (Lihat KH Afifuddin Muhajir, Fathul Mujibil Qarib, [Situbondo, Al-Maktabah Al-Asadiyyah: 2014 M/1434 H] halaman 91).
Kiai Afif mengatakan bahwa pendapat yang memasukkan mabit di Muzdalifah sebagai sunnah haji lemah. Pendapat yang dapat diandalkan menempatkan mabit di Muzdalifah sebagai wajib haji. Catatan ini juga dinyatakan perihal kesunnahan mabit di Mina pada malam-malam hari Tasyriq (11, 12, dan 13 Dzulhijjah).
Ł (Ł) Ų§ŁŲ³Ų§ŲÆŲ³Ų© (Ų§ŁŁ
ŲØŁŲŖ ŲØŁ
ŁŁ) ŁŁŲ§ŁŁ Ų£ŁŲ§Ł
Ų§ŁŲŖŲ“Ų±ŁŁ Ų§ŁŲ«ŁŲ§Ų«Ų© ŁŲ§ŁŁ
Ų¹ŲŖŁ
ŲÆ Ų£ŁŁ ŁŲ§Ų¬ŲØ
Artinya, āKeenam (mabit di Mina) pada malam-malam Tasyriq. Menurut pendapat yang muktamad, mabit di Mina itu masuk wajib haji,ā (Lihat KH Afifuddin Muhajir, Fathul Mujibil Qarib, [Situbondo, Al-Maktabah Al-Asadiyyah: 2014 M/1434 H] halaman 91).
Catatan Kiai Afif terakhir perihal sunnah-sunnah haji adalah tawaf wadaā. Thawaf wadaā merupakan wajib haji menurut pandangan ulama syafiāiyah yang lebih shahih.
Ł (Ł) Ų§ŁŲ³Ų§ŲØŲ¹Ų© (Ų·ŁŲ§Ł Ų§ŁŁŲÆŲ§Ų¹) Ų¹ŁŲÆ Ų„Ų±Ų§ŲÆŲ© Ų§ŁŲ®Ų±ŁŲ¬ Ł
Ł Ł
ŁŲ©Ų ŁŲ§ŁŁ
Ų¹ŲŖŁ
ŲÆ أ٠طŁŲ§Ł Ų§ŁŁŲÆŲ§Ų¹ ŁŲ§Ų¬ŲØ
Artinya, āKetujuh (tawaf wadaā) ketika ingin meninggalkan Kota Makkah. Menurut pendapat yang muktamad, thawaf wadaā itu masuk wajib haji,ā (Lihat KH Afifuddin Muhajir, Fathul Mujibil Qarib, [Situbondo, Al-Maktabah Al-Asadiyyah: 2014 M/1434 H] halaman 91).
Jadi sunnah-sunnah haji menurut pendapat ulama Syafiāiyah yang muktamad adalah sebagai berikut:
1. Ifrad, yaitu mendahulukan haji dibandingkan umrah.
2. Talbiyah.
3. Thawaf qudum.
4. Shalat sunnah thawaf sebanyak dua rakaat.
Adapun shalat sunnah thawaf sebanyak dua rakaat dilakukan setelah thawaf. Shalat sunnah thawaf dapat dilakukan di mana saja di tanah haram. Tetapi sedapat mungkin shalat sunnah thawaf ini dilakukan di belakang maqam Ibrahim.Ā
Ł (Ł) Ų§ŁŲ®Ų§Ł
Ų³Ų© (Ų±ŁŲ¹ŲŖŲ§ Ų§ŁŲ·ŁŲ§Ł) أ٠رŁŲ¹ŲŖŲ§Ł ŲØŲ¹ŲÆ Ų§ŁŁŲ±Ų§Ųŗ Ł
Ł Ų§ŁŲ·ŁŲ§Ł ŁŁŲµŁŁŁŁ
Ų§ Ų®ŁŁ Ų§ŁŁ
ŁŲ§Ł
Ų ŁŲ„Ł ŁŁ
ŁŲŖŁŲ³Ų± ŁŁŁ Ų§ŁŲŲ¬Ų± ŁŲ„Ł ŁŁ
ŁŲŖŁŲ³Ų± ŁŁŁ Ų§ŁŁ
Ų³Ų¬ŲÆ ŁŲ„Ł ŁŁ
ŁŲŖŁŲ³Ų± ŁŲŁŲ« Ų“Ų§Ų” Ł
Ł Ų§ŁŲŲ±Ł
Artinya, āKelima (shalat dua rakaat thawaf), yaitu dua rakaat setelah selesai thawaf. Shalat sunnah thawaf dilakukan di belakang maqam Ibrahim. Kalau tidak mungkin, maka shalat sunnah thawaf dilakukan di Hijir Ismail. Kalau tidak mungkin, shalat sunnah thawaf dilakukan di masjid. Kalau tidak mungkin, maka shalat sunnah thawaf dilakukan di mana saja di tanah haram,ā (Lihat KH Afifuddin Muhajir, Fathul Mujibil Qarib, [Situbondo, Al-Maktabah Al-Asadiyyah: 2014 M/1434 H] halaman 91).
Adapun shalat sunnah thawaf dilakukan sebagaimana shalat sunnah pada umumnya. pembacaan Al-Qurāan dalam shalat sunnah thawaf juga dilakukan sebagaimana shalat pada lazimnya.
Ł (ŁŁŲ³Ų± ŲØŲ§ŁŁŲ±Ų§Ų”Ų© ŁŁŁŁ
Ų§ ŁŁŲ§Ų±Ų§) Ų„ŁŲ§ Ł
Ų§ ŲØŲ¹ŲÆ Ų§ŁŁŲ¬Ų± (ŁŁŲ¬ŁŲ± ŲØŁŲ§ ŁŁŁŲ§) ŁŁ
Ų§ ŲØŲ¹ŲÆ Ų·ŁŁŲ¹ Ų§ŁŁŲ¬Ų± Ų„ŁŁ Ų·ŁŁŲ¹ Ų§ŁŲ“Ł
Ų³
Artinya, ā(Al-Quran dibaca perlahan (sirr) pada shalat sunnah thawaf di siang hari) kecuali setelah fajar. (Al-Quran dibaca lantang (jahar) di malam hari) dan setelah terbit fajar hingga terbit matahari,ā (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Tausyih ala Ibni Qasim, [Beirut, Darul Fikr: 1996 M/1417 H], cetakan pertama, halaman 123). Wallahu aālam. (Alhafiz K)