Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pesantren Tabah Gelar Festival Lomba Seni Hadrah Nusantara

Pesantren Tabah Gelar Festival Lomba Seni Hadrah Nusantara

Lamongan, NU Online
Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah (Tabah) Kranji, Paciran, Lamongan, Jawa Timur, mengadakan Festival Lomba Seni Hadrah Nusantara dalam rangka memperingati Maulid Nabi dan haul ke-67 pendiri pesantren setempat, KH Musthofa, Sabtu (19/12).
<>
Festival digelar bekerja sama dengan para alumni Pesantren Tabah yang ada di Jakarta. Kegiatan yang masuk kali ketuju ini diikuti 54 grup dari berbagai daerah, seperti Malang dan Surabaya. Panitia berharap, ajang perlombaan tersebut menjadi salah satu upaya melestarikan seni hadrah sebagai media dakwah.

"Dari 54 group yang terdaftar adalah mayoritas dari pesantren-pesantren, dan ini menjadikan wadah silaturahim antar santri untuk melestarikan seni tradisional serta menunjukkan seni banjari ini sebagai musik khas santri dan pesantren," jelas ketua panitia, Muhammad Nidhomuddin.

Untuk menyukseskan haul pendiri Pesantren Tabah, beberapa alumni yang tergabung dalam Wadah Silaturahim Alumni Tarbiyatut Tholabah Kranji di Jakarta atau akrab disebut Wasiat Jakarta menyelenggarakan beberapa acara lomba.

"Semoga festival banjari ini turut membawa keberkahan bagi pesantren, santri, dan seluruh alumni yang tersebar di pelosok daerah. Kami bangga dengan antusiasme pemuda dan santri untuk tetap kokoh melestarikan seni banjari ini. Sebab, di era modern sudah banyak yang lupa dengan seni musik tradisonal," terang Abdurrohman Wahid, Ketua Umum Wasiat Jakarta. (Rowman/Mahbib)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Pesantren Lainnya

Terpopuler Pesantren

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×