Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Puluhan Ribu Warga Hadiri Maulid Nabi di Pekalongan

Puluhan Ribu Warga Hadiri Maulid Nabi di Pekalongan

Pekalongan, NU Online
Puluhan ribu umat Islam dari Pekalongan dan sekitarnya, Rabu (13/2), menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1434 H.

<>

Maulid Nabi tersebut terasa istimewa karena digelar oleh Habib Luthfy bin Yahya di Gedung Sholawat, Jalan dr. Wahidin Pekalongan.

Ratusan kendaraan pribadi maupun rombongan sejak malam sebelumnya telah memadati sepanjang Jl. dr. Wahidin yang sehari sebelumnya digunakan untuk kegiatan pawai Panjang Jimat Pekalongan berubah menjadi area tempat kegiatan dan parkir.

Tidak hanya itu, ratusan pedagang kaki lima penjual makanan, minuman dan aneka souvernir baik yang berasal dari Kota Pekalongan maupun dari wilayah sekitarnya tak ketinggalan ikut mengais rejeki di Kanzus Sholawat.

Maulidurrasul yang di gelar di Kanzus Sholawat sejak beberapa tahun silam selalu menjadi magnet umat Islam dari perbagai pelosok kota. Dari tahun ke tahun pengunjung selalu membludak. Mereka rela duduk berdesakan bersimbah keringat dan rela berpanas panasan sambil terus melantunkan sholawat.

Tak ada suara keluhan yang keluar dari pengunjung yang hadir mulai dari anak-anak hingga nenek-nenek. Mereka rela duduk beralaskan koran bekas dengan perbekalan makanan dan minuman seadanya yang telah dibawanya dari rumah. 

Bahkan rumah rumah penduduk di sekitar area kegiatan peringatan maulid menjadi tempat transit sementara yang sangat strategis. Para pemilik rumah dengan senang hati menyediakan tempat seadanya untuk transit para tamu Habib Luthfy yang datang dari berbagai daerah.

Wakil Sekretaris panitia maulid H. Suwardi mengatakan, meski persiapannya sangat mepet, tak mengurangi kesemarakan kegiatan peringatan maulid di Kanzus Sholawat. Berbagai kegiatan penunjang semuanya berjalan dengan lancar. Diantaranya khotmil qur'an, pembacaan rotibul kubro, apel siaga Banser, kirab merah putih, pawai panjang jimat, pembacaan manakib Syech Abdul Qodir Al Jaelani dan pentas musik gambus El Balasyik.

Dikatakan, cuaca terang serta dukungan dari TNI Polri dan Banser dalam hal keamanan sangat menunjang kelancaran kegiatan peringatan maulid yang rutin di gelar setiap tahun di Kanzus Sholawat.

Hadir dalam acara peringatan maulid, Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Kabinet Indonesia Bersatu II H Helmy Faishal Zaini, Staf Khusus Presiden RI Bidang Energi dan Pangan, ratusan ulama, kiai dan habaib, para pejabat daerah juga tampak hadir antara lain Wakil Walikota Pekalongan dan Wakil Walikota Tegal.




Redaktur    : A.Khoirul Anam
Kontributor: Abdul Muiz



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×