Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Maulid Duabelasan, Cara Nahdliyin Mimika Sambut Kelahiran Nabi

Maulid Duabelasan, Cara Nahdliyin Mimika Sambut Kelahiran Nabi
Mimika, NU Online
Aneka kegiatan lazim dilakukan untuk mengekspresikan kegembiraan atas kelahiran manusia agung di bulan Rabiul awal 1440, yakni Nabi Muhammad SAW. Ekspresi kegembiraan dan penuh harap dilakukan nahdliyin Mimika, Papua dalam bentuk penyelenggaraan Maulid Duabelasan. Dinamakan seperti itu mengingat pembacaan maulid dilakukan selama dua belas malam atau hari sejak tanggal 1 hingga 12 Rabiul Awal.

“Yang sudah lebih dahulu melakukan kegiatan ini adalah Masjid Al-Fattah Karang Senang SP3 dengan membaca maulid Barzanji,” kata Sugiarso, Selasa (20/11). Kebiasaan baik tersebut tahun ini dimodifikasi pelaksanaannya dengan dorongan jamaah istighotsah di berbagai tempat.

“Disusul kemudian oleh Masjid Nurul Hikmah Kampung Mwuare KM14 dengan melakukan pembacaan maulid Barzanji secara singkat dipimpin Ustadz Hasyim Asy'ari,” kata Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Mimika ini. Di Masjid Al-Ikhlas km10 juga dimulai maulid duabelasan dengan membaca maulid Diba secara bertahap, dua malam sekali khatam dipimpin Ustadz Mansyur, lanjutnya.

Sedangkan di Masjid Istiqlal SP13 Kampung Bhintuka juga dimulai maulid duabelasan dengan membaca maulid Barzanji secara bertahap beberapa malam khatam dipimpin Ustadzt Nurjaidi. ‘Dan di Masjid Amanah Pasar Baru Timika juga dilakukan maulid serupa setelah shalat Dhuhur juga dengan membaca maulid Barzanji dipimpin oleh Ustadz Mustakim,” jelasnya.

Beberapa lokasi maulid duabelasan ini dilakukan secara serentak di masing-masing masjid.  “Hal spesial acara Maulid duabelasan di Masjid al-Ikhlas kampung Kadun Jaya KM10 dan Masjid Nurul Hikmah Kampung Mwuare KM14 karena adanya jadwal sponsor secara bergilir selama dua belas malam, bahkan antusiame jamaah luar biasa,” jelasnya.

Bahkan sebagian warga sangat menunggu dirinya bisa menjadi sponsor kegiatan ini. "Ustadz kok nama saya tidak ada? Kapan saya dapat giliran," tanya salah seorang jamaah km14 yang belum mendapatkan jadwal sponsor. Untunglah Ustadz Hasyim memberikan kesempatan yang bersangkutan berpartisipasi setelah malam ke-12. 

Untuk saling berlomba dalam kebaikan dan memberi motivasi, serial malam pelaksanaan maulid duabelasan dibagikan lewat WA grup istighatsah. “Jadwal sponsor juga diinformasikan di grup.untuk menyemangati yang lain,” kata Sugiarso.

Kegiatan maulid duabelasan ini dibeberapa lokasi ditutup dengan maulid umum bersama seluruh warga sejak 19 Nopember di Masjid An-Nur Soponyono dan Masjid Al-Ikhlas SP2. “Dan tepat 20 Nopember atau 12 Rabiul awal, peringatan Maulidur Rasul dilakukan di SMA 1 Timika, Kampung Kadun Jaya, SP6, SP5, Mushalla Muhajirin SP2, dan Masjid Datuk Muttaqin TSM SP3. (Ibnu Nawawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×