Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Konbes NU Digelar 23 September 2020 Secara Daring

Konbes NU Digelar 23 September 2020 Secara Daring
Penyelenggaraan Konbes tahun ini adalah kegiatannya yang digelar secara virtual melalui meeting zoom.
Penyelenggaraan Konbes tahun ini adalah kegiatannya yang digelar secara virtual melalui meeting zoom.

Jakarta, NU Online

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) siap menggelar Konferensi Besar NU, Rabu (23/9). Forum permusyawaratan yang dilaksanakan paling sedikit dua kali dalam lima tahun ini akan diiikuti oleh para kiai sepuh dari Sabang sampai Merauke. Forum dijadwalkan dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin. 

 

Ketua Panitia Konbes NU H Juri Ardiantoro mengatakan kegiatan kali ini hanya Konferensi Besar; tidak dilaksanakan berbarengan dengan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama. Meski begitu, Konbes dan Munas tetap akan digelar seperti biasanya yakni sebelum penyelenggaraan Muktamar NU ke-34 dilaksanakan. 

 

Dia menerangkan, Konbes tahun 2020 mendiskusikan penundaan waktu Muktamar NU yang seyogianya digelar pada Oktober mendatang. Selain itu, para peserta Konbes NU membahas mengenai perpanjangan masa kepengurusan di setiap level kepengurusan. 

 

"Konbes hanya akan mengagendakan tunggal yakni membahas dan penundaan Muktamar yang sedianya Oktober 2020, termasuk dalam hal ini mutatis mutandis perpanjangan masa kepengurusan yang seharusnya berakhir 2020 ini," kata Juri Ardiantoro, Sabtu (19/9) malam. 

 

Secara virtual

Menurut Juri, hal yang juga berbeda dari penyelenggaraan Konbes tahun ini adalah kegiatan digelar secara virtual melalui meeting zoom. Kata dia, Mustaysar PBNU KH Ma’ruf Amin akan memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. 

 

Selanjutnya, peserta Konbes NU tahun 2020 antara lain jajaran Mustasyar, A'wan, Syuriyah, Tanfidziyah dan kiai sepuh NU serta para perwakilan PWNU baik Syuriyah maupun Tanfidziyah. Tak lupa badan otonom (Banom) dan lembaga-lembaga di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang juga menjadi peserta Konbes. 

 

"Peserta Konbes mengikuti dari tempat masing-masing. Pengurus PBNU dan Banom serta lembaga dari rumah atau kantor masing-masing. Sementara PW diharapkan dari kantor PW. Namun jika ada pengurus yang tidak bisa bergabung di kantor PWNU akan mengikuti dari rumah masing-masing," tutur H Juri. 


Setiap peserta Konbes NU akan diberikan link ID sebelum kegiatan dimulai. Forum tertinggi NU setelah Muktamar dan Munas Alim Ulama ini dilangsungkan pukul 09.00 WIB, namun sebelum itu dilakukan pengajian dan tahlil dipimpin para kiai sepuh. 

 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Kendi Setiawan

 



Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya