Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Komasnu Siapkan Seribu Rumah Murah di Serang Banten

Komasnu Siapkan Seribu Rumah Murah di Serang Banten
Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj meninjau rumah contoh di Perumahan Kampung Bahagia Ciujung, Serang, Banten, Sabtu (18/9/2021). (Foto: NU Online/Kendi Setiawan)
Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj meninjau rumah contoh di Perumahan Kampung Bahagia Ciujung, Serang, Banten, Sabtu (18/9/2021). (Foto: NU Online/Kendi Setiawan)

Jakarta, NU Online
Sebagai upaya membantu masyarakat memiliki hunian yang layak, Koperasi Masjid Seluruh Nusantara (Komasnu) melakukan kerja sama penyediaan rumah murah dengan PT Bumi Cipta Rahayu.


Penguatan kerja sama ini dilakukan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Direktur Komasnu, Syarif Hidayat, dan Direktur PT Bumi Cipta Rahayu, Hamzah Mahfud, Sabtu (18/9/2021).


Direktur Utama Komasnu, Syarif Hidayat, mengatakan penandatanganan tersebut mengawali program pengadaan 100.000 unit rumah bagi warga NU di Pulau Jawa. Pada tahap awal, kedua pihak telah menyediakan 1000 unit rumah di kompleks Perumahan Kampung Bahagia di Ciujung, Serang, Banten. 


“Perumahan Kampung Bahagia di Ciujung ini terletak di lokasi strategis, sekitar dua kilometer dari Pemda Kabupaten Serang, menempati lahan 19,8 hektar,” kata Syarif Hidayat.


Ia menambahkan, terdapat pilihan unit rumah dari luas lahan 29/60,30/60, 36/72, dan 36/84. Hadirnya perumahan tersebut untuk mengatasi persoalan masyarakat selama ini yang tidak memiliki penghasilan tetap sehingga tidak memiliki slip gaji. Padahal, hal itu diperlukan saat memproses pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).


Keunggulan lainnya, lanjut dia, bahwa masyarakat dapat membeli rumah dengan harga yang sama, baik ketika melunasi langsung (cash) maupuan mencicil. Sebagai ilustrasi, rumah tipe 30/60 dengan Rp200 juta saat pelunasan cicilan nilai totalnya tetap 200 juta.


“Masyarakat yang ingin melunasi bertahap (mencicil) juga dapat memilih DP sesuai kemampuan dengan jangka waktu maksimal 8 tahun,” terang Syarif Hidayat.


Ia menambahkan, mengingat tidak semua dari masyarakat membeli dengan melunasi langsung, koperasi  menyediakan dana untuk membangun unit rumah jika ada yang telah melakukan pemesanan dan membayar DP. 


“Komasnu bermitra dengan berbagai pihak termasuk dengan perbankan. Pendataan dan pencatatan anggota koperasi atau konsumen perumahan dilakukan secara digital, jadi lebih modern dan dapat menjamin akuntabilitas,” kata Syarif seraya menegaskan bahwa sumber daya Komasnu yang menangani program tersebut telah siap.


Pertahankan kualitas bangunan
Direktur Utama PT Bumi Cipta Rahayu, Hamzah Mahfud, mengatakan meski dengan harga murah, kualitas pihak pengembang mempertahankan kualitas bangunan. Masyarakat yang membeli setiap unit rumah dapat langsung menempati tanpa membongkar-bongkar ataupun melakukan renovasi.


Di lokasi perumahan, pengembang juga menyediakan sekolah, masjid, dan sarana warga. Bekerjasama dengan Komasnu, kata Hamzah, dia berharap dalam enam bulan semua proses pembangunan rumah yang dipesan sudah selesai.


Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj usai meninjau rumah contoh di Perumahan Kampung Bahagia mengatakan rasa bangga dan syukurnya atas upaya Komasnu dalam menyiapakan rumah yang terjangkau bagi masyarakat.


“Ini langkah pertama semoga berlanjut ke seluruh indonesia, dengan fasilitas perumahan yang lengkap,” ujar Kiai Said Aqil.


Ia menambahkan PBNU akan memberikan dukungan kepada masyarakat dan Komasnu dalam proses memiliku rumah-rumah tersebut. “PBNU kalau ada kesulitan akan membantu bukan dalam materi tetapi menghubungkan dengan instansi terkait,” kata Kiai Said Aqil.


Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua PBNU Bidang Dakwah dan Masjid KH Abdul Manan Ghani, Ketua LTM PBNU yang juga CEO PT Bumi Cipta Rahayu, HM Mansyur Syaerozi, Ketua PWNU Banten Abun Bunyamin, Pengasuh Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta KH Abun Bunyamin.


Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori


Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya