Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

ISNU Bondowoso Pastikan Kawal Bantuan untuk Korban Banjir Bandang

ISNU Bondowoso Pastikan Kawal Bantuan untuk Korban Banjir Bandang
Ketua PC ISNU menerima bantuan oleh rombongan Bhayangkari Polres Bondowoso. (Foto: NU Online/Ade Nurwahyudi)
Ketua PC ISNU menerima bantuan oleh rombongan Bhayangkari Polres Bondowoso. (Foto: NU Online/Ade Nurwahyudi)
Bondowoso, NU Online
Banjir bandang yang melanda Desa Sempol dan Kalisat Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur cukup mendapat perhatian berbagai kalangan. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya bantuan yang diterima warga.
 
Dan untuk memastikan bahwa warga terdampak banjir tertangani dengan baik, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bondowoso lewat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) melakukan pengawalan.
 
“Keberadaan PC ISNU Bondowoso bersama tim relawan yang ada lebih memposisikan pada penanganan bantuan,” kata Mohammad Abdul Kholiq kepada NU Online, Jumat (31/1).
 
Ketua PC ISNU Bondowoso tersebut mengemukakan bahwa yang menjadi konsentrasi adalah dalam hal manajemen penanganan bantuan dan penyaluran bantuan, serta proses rehabilitasi.
 
Menurutnya, hal tersebut dilakukan berdasarkan rapat koordinasi yang dilakukan dengan sejumlah pengurus lain. Prinsipnya diharapkan bantuan yang telah ada dan akan terus datang dapat terdata dan disalurkan secara benar.
 
“Agar penanganan lebih terencana dan efektif, serta tentu saja tepat sasaran. Pada saat bersamaan juga dilakukan pembersihan rumah warga dan fasilitas umum bersama masyarakat dan relawan,” ungkapnya.
 
Dalam pandangannya, kelebihan kader ISNU adalah mempunyai kemampuan manajerial, sehingga dapat diandalkan untuk memastikan keberadaan bantuan tertangani dengan baik. Oleh sebab itu, sesuai kesepakatan yang telah dibuat dengan sejumlah pengurus, relawan dan komponen NU yang lain, disepakati bahwa manajemen bagi penanganan musibah ini hendaknya dipikirkan secara matang. 
 
“Sehingga penanganan yang dilakukan dapat benar-benar bisa menjawab kebutuhan di lapangan terkait penanganan korban dan dampak lainnya,” katanya.
 
Dirinya juga berterima kasih kepada sejumlah kalangan yang memberikan perhatian sekaligus berkenan membantu berdonasi baik berupa barang dan uang untuk korban banjir bandang.
 
"Alhamdulillah hingga kini kami menerima bantuan dari berbagai kalangan, karena itu sangat membantu bagi korban banjir yang kesulitan memenuhi kebutuhan harian lantaran rumah dan akses jalan terganggu,” jelasnya.
 
Mohammad Abdul Kholiq turut menyampaikan kebanggaan kepada tim relawan termasuk dari ISNU yang tidak kenal lelah mendata dan mengatur bantuan kemudian memastikan penyaluran kepada kalangan sesuai data yang ada.
 
Sekadar diketahui bahwa Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin langsung mengunjungi lokasi banjir, Kamis (30/1). Dan pada saat yang sama, Ketua PC ISNU Bondowoso bersama relawan turut menemani kunjungan sekaligus menemui para korban.
 
“Kami pastikan bahwa ISNU benar-benar hadir dan mengawal bencana ini dengan baik dari hulu sampai hilir sehingga bantuan diterima dengan baik oleh para korban banjir,” jelas dia.
 
Hingga kini lokasi desa yang tertimpa bencana banjir bandang yakni Desa Sempol yang terdiri Dusun Pesanggrahan, Dusun Sempol 1 dan Dusun Sempol 2.
 
Berikutnya di Desa Kalisat yang terdiri dari Dusun Krajan, Dusun Kalisat, Dusun Kampung Baru, Dusun Sumber Ayu serta Dusun Taman Kembar. 
 
 
Kontributor: Ade Nurwayuhdi
Editor: Ibnu Nawawi
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×