Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

ISNU Jawa Timur Pantau Korban Banjir Bandang di Bondowoso

ISNU Jawa Timur Pantau Korban Banjir Bandang di Bondowoso
Ketua PC ISNU Bondowoso, Abdul Halik Anas saat mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di lokasi banjir bandang. (Foto: NU Online/istimewa)
Ketua PC ISNU Bondowoso, Abdul Halik Anas saat mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di lokasi banjir bandang. (Foto: NU Online/istimewa)
Surabaya, NU Online
Video dan kabar terkait banjir bandang yang melanda Desa Sempol Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur telah tersebar di sejumlah media, termasuk media sosial. Dan benar saja, kondisi di lokasi memang cukup parah lantaran jalan utama dan rumah penduduk digenangi lumpuh bercampur sampah. Para penduduk kesulitan beraktifitas, termasuk memenuhi kebutuhan harian.
 
Sebagai bentuk kepedulian, Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terutama Pengurus Cabang (PC) ISNU Bondowoso.
 
“Begitu ada kabar banjir bandang di Bondowoso, PW ISNU Jatim langsung melakukan koordinasi dan menghimpun dana,” kata M Dawud, Kamis (30/1). 
 
Menurut Sekretaris PW ISNU Jatim ini, dana yang telah terhimpun dengan sangat cepat langsung disalurkan kepada PC ISNU Bondowoso untuk selanjutnya disalurkan ke lokasi bencana. 
 
Dirinya juga menjelaskan bahwa komunikasi dengan berbagai kalangan juga dilakukan secara intensif demi memastikan kondisi di lapangan tertangani dengan baik.
 
“Koordinasi dengan sejumlah pihak termasuk Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul atau LPBINU Jatim dan Bondowoso dilakukan, termasuk dengan Pemprov Jawa Timur,” ungkapnya. 
 
Sebagai bentuk kepedulian karena warga terdampak banjir kesulitan dalam memenuhi kebutuhan harian, maka ISNU sudah mendirikan posko. Keberadaannya untuk memastikan bahwa masyarakat sekitar dapat tertangani dengan optimal.
 
“Hingga kini kami sudah melakukan inventarisasi kerusakan dan jumlah korban. Inventarisasi kebutuhan dan terus koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD setempat,” terang Dawud.
 
Dirinya juga menyampaikan bahwa Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jawa Timur sudah turun ke lokasi.
 
“Bahkan saat berada di tempat bencana, gubernur meminta ISNU tetap ikut tanggap bencana. Dan kami membantu dalam menggali data di lokasi,” urainya.
 
Pada saat yang sama, PW ISNU Jatim memberikan perintah khusus kepada PC ISNU Bondowoso dan kawasan terdekat yakni Jember, Situbondo dan Banyuwangi.
 
“Kami telah  instruksikan agar sejumlah kepengurusan ISNU di kabupaten terdekat dengan Bondowoso turut memberikan bantuan yang memungkinkan demi meringankan beban masyarakat,” pungkasnya.
 
Kepedulian juga diberikan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur dengan menggelar Peduli Banjir Bandang di Bondowoso. Lewat NU Care Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jatim mengajak untuk berbagi rezeki membantu saudara yang terkena musibah. Nomor rekening yang disarankan adalah Bank Syariah Mandiri 7199899998 (kode bank 451) dan Bank Muamalat 7110711099 (kode bank 147) atas nama PW LAZISNU Jatim. Bila sudah transfer bisa konfirmasi ke 0896 3009 2626

 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×