Nasional

Imbas Kereta Anjlok di Kulon Progo, Ini 7 Kompensasi dari KAI bagi Penumpang

Rab, 18 Oktober 2023 | 08:00 WIB

Imbas Kereta Anjlok di Kulon Progo, Ini 7 Kompensasi dari KAI bagi Penumpang

Kereta anjlok. (Foto: akun X @fajarnugros)

Jakarta, NU Online

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberikan kompensasi kepada para penumpangnya yang terdampak gangguan operasional. Gangguan ini diakibatkan anjloknya KA 17 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir dan KA 6 Argo Wilis relasi Bandung – Surabaya Gubeng, di kilometer 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo - Stasiun Wates pada Selasa (17/10/2023) pukul 13.15 WIB.


Akibat dari kejadian itu, jalur tersebut belum bisa dilalui oleh kereta lain yang biasa melintas. Alhasil akan ada keterlambatan yang diakibatkan kerusakan jalur imbas kejadian tersebut.


EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan bahwa KAI sedang berupaya untuk melakukan evakuasi kepada penumpang yang terdampak.


"Kedua jalur rel antara Wates - Sentolo (Kab. Kulon Progo) untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut," ujarnya sebagaimana dikutip dari akun Instagram resmi KAI.


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa evakuasi dilakukan dengan mengalihkan penumpang ke kereta lain selanjutnya akan membawa ke stasiun terdekat.


Bagi penumpang yang sebelumnya menaiki kereta Argo Semeru dialihkan ke kereta Sawunggalih menuju Stasiun Kroya atau Purwokerto. Kemudian, mereka melanjutkan dengan kereta lain ke Jakarta. Sementara penumpang kereta Argo Wilis dievakuasi menggunakan kereta Bandara YIA menuju Stasiun Yogyakarta, untuk dialihkan ke kereta lain menuju Surabaya.


Agus menjelaskan bahwa untuk saat ini PT KAI tengah melakukan rekayasa pola operasi dengan cara memutar kereta lain yang biasa melintasi jalur tersebut. Harapannya dengan cara itu bisa meminimalisir dampak dari keterlambatan kereta lain tersebut.


“Untuk meminimalisasi dampak keterlambatan pada KA-KA lainnya, KAI melakukan rekayasa pola operasi dengan memutar KA-KA yang seharusnya melalui petak jalan Yogyakarta – Kutoarjo (jalur selatan), dialihkan dengan melalui petak jalan Tegal – Semarang (jalur utara),” kata Agus.


Berikan kompensasi bagi penumpang terdampak
Akibat dari kejadian ini, PT KAI memutuskan untuk memberikan kompensasi bagi para penumpang yang terdampak anjloknya kedua kereta tersebut.


Bentuk kompensasi tersebut berupa pengalihan perjalanan dengan sarana kereta lain, moda transportasi lain, hingga pengembalian bea jika kereta yang hendak ditumpangi mengalami keterlambatan keberangkatan.


Berikut ini adalah 7 poin kompensasi yang diberikan sebagaimana yang tertera pada akun Instagram maupun akun X resmi PT KAI.

 
  1. Penumpang yang bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan atau di tengah perjalanan, karena gangguan operasional yang disebabkan oleh anjlokan KA Argo Semeru (KA 17) & (KA 6) Argo Wilis, sehingga menyebabkan penundaan atau keterlambatan KA yang dinaikinya, maka dapat melakukan pengembalian bea (refund) sebesar 100% di luar bea pesan.
  2. Apabila terjadi penundaan keberangkatan KA di stasiun keberangkatan penumpang yang diperkirakan berlangsung 1 (satu) jam atau lebih, maka dapat melakukan pengembalian bea (refund) sebesar 100% di luar bea pesan.
  3. Jika penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan atau di tengah perjalanan karena menolak menggunakan sarana kereta atau moda transportasi pengganti, maka dapat melakukan pengembalian bea refund) sebesar 100% di luar bea pesan.
  4. Tiket lain yang dibatalkan dapat dilakukan pengembalian bea (refund) secara langsung sebesar 100%:
    a. Tiket perjalanan kembalinya penumpang (return)
    b. Tiket kereta api dengan sifat persambungan yang mengalami kegagalan perjalanan untuk kereta api lanjutan
    c. Tiket lain yang masih berlaku yang dimiliki penumpang
  5. Penumpang kereta Suites Class Compartment dialihkan ke kereta Panoramic atau kereta branding lainnya, akan mendapat refund 50% dari harga tiket yang dimiliki.
  6. Penumpang kereta Luxury dialihkan ke kereta Panoramic, Priority, atau Imperial, akan mendapatkan refund 50% dari harga tiket yang dimiliki.
  7. Proses pembatalan dan pengembalian bea dilakukan di loket stasiun online, dengan batas waktu sampai H+7 dari tanggal yang tertera di tiket.


Ahmad Hanan