Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Hal yang Perlu Diperhatikan Jamaah Haji Gelombang Kedua

Hal yang Perlu Diperhatikan Jamaah Haji Gelombang Kedua
Jamaah Haji Indonesia Gelombang Kedua. (Foto: NU Online/Faizin)
Jamaah Haji Indonesia Gelombang Kedua. (Foto: NU Online/Faizin)

Jakarta, NU Online
Pada Ahad (19/6/2022) pukul 03.00 Waktu Arab Saudi,  jamaah haji kloter 24 Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG 24) mendarat di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah. Kedatangan kloter ini menandai dimulainya fase keberangkatan jamaah haji Indonesia gelombang kedua.


“Seluruh jamaah yang masuk gelombang kedua akan mendarat di Bandar Udara King Abdul Aziz Jeddah. Mereka selanjutnya melaksanakan umrah wajib dengan mengambil Miqat Makani sejak di Embarkasi atau di dalam pesawat ketika posisi terbang sejajar dengan Qarnul Manazil atau Yalamlam atau di Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” jelas Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Ahad (19/6/2022).


Dalam kesempatan tersebut, Fauzin mengimbau kepada jamaah gelombang kedua untuk dapat mempersiapkan diri dengan mandi sunnah dan memakai kain ihram sejak dari Asrama Haji. Jamaah bisa memulai niat ihram di pesawat dengan menunggu instruksi dari Ketua Kloter atau pengumuman dari awak kabin.


“Shalat sunnah ihram dapat dilaksanakan setibanya di Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” ujarnya.


Terpisah, Kepala Daker Bandara Haryanto mengatakan, ada peningkatan layanan di Terminal Haji Bandara Jeddah. Yaitu, fasilitas paviliun yang lebih nyaman dan sejuk lantaran telah dilengkapi pendingin udara (air conditioner/AC).


Meski bangunan paviliun cukup luas dengan ukuran sekitar 40 meter  x 30 meter, namun ketika masuk udara di dalamnya langsung terasa sangat sejuk. Untuk membuat ruangan menjadi dingin, Pengelola Bandara Jeddah melengkapi bagian atap dengan fiber tebal yang transparan. Ini makin membuat jamaah nyaman karena seolah tanpa ada sekat.


Jamaah juga tidak perlu berdesakan masuk paviliun. Setiap zona dilengkapi dengan 4 paviliun. Setiap paviliun bisa menampung jamaah hingga tiga kloter.


Selain dari Tanah Air, pemberangkatan jamaah haji gelombang pertama dari Madinah menuju ke Makkah juga terus berlangsung. Sebanyak 44 kloter dengan total 17.293 jamaah sudah diberangkatkan sejak 12 Juni 2022. Masih ada lebih 26 ribu jamaah haji Indonesia yang berada di Madinah untuk secara bertahap akan diberangkatkan ke Makkah setelah menyelesaikan ibadah Arbain di Masjid Nabawi.


Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×