Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Gus Mus Beberkan Resep Umur Berkah dan Lapang Rezeki

Gus Mus Beberkan Resep Umur Berkah dan Lapang Rezeki
Gus Mus Beberkan Resep Umur Berkah dan Lapang Rezeki. (Foto: Tangkapan layar youtube Gus Mus Channel)
Gus Mus Beberkan Resep Umur Berkah dan Lapang Rezeki. (Foto: Tangkapan layar youtube Gus Mus Channel)

Jakarta, NU Online
Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus menerangkan resep memperoleh hidup berkah (panjang umur) dan rezeki lancar. Ia menyebut bahwa kunci dari panjang umur dan lapang rezeki adalah dengan menjaga silaturahim.


“Resep kalau kamu ingin rezekimu lapang dan umurmu berkah itu hendaklah bersilaturahim,” terang Gus Mus pada tayangan di kanal Youtube Gus Mus Channel, Rabu (24/11/2021).


Amanat bersilaturahim ini dapat ditemukan dalam salah satu hadits yang disampaikan Gus Mus. Pada penjelasannya, Gus Mus menyampaikan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra, yang diketahui pernah melayani Nabi Muhammad saw lebih dari 10 tahun. Hadits berkenaan dengan menjaga silaturahim sebagai kunci untuk memperoleh keberkahan umur dan lapang rezeki tersebut kemudian dibacakan Gus Mus.


“Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, ia berkata: ’Saya mendengar Rasulallah saw bersabda barang siapa yang suka jika rezekinya dilapangkan, atau suka jika (pengaruh) hidupnya dipanjangkan, maka hendaklah ia bersilaturrahim dengan kerabatnya,” terang kiai kelahiran Rembang tersebut.


Silaturahim, ujar Gus Mus, telah terserap ke dalam Bahasa Indonesia yang berarti menyambung (tidak memutus) hubungan kekeluargaan. Alih-alih memutus kekerabatan, memusuhi, tidak pernah mengunjungi saudara, dan tidak pernah bertegur sapa, kata Gus Mus, hendaklah seseorang bersilaturahim. Bersilaturahim merupakan momentum yang dapat mempererat kerukunan. Dengan menjaga silaturahim, keharmonisan dalam hubungan keluarga akan terjalin dengan baik.
 

Berkaca pada fenomena di zaman modern ini, Gus Mus menilai bahwa tak jarang dijumpai seseorang yang jauh dengan kerabatnya. Ada yang baik dengan teman, tetapi dengan saudara kurang baik. Padahal, kata Gus Mus, apabila tetap menjalin hubungan baik dengan saudara, hal tersebut justru yang akan membawa seseorang kepada rezeki yang lapang, umur yang berkah, dan pengaruhnya akan lama. 

 
“Umur panjang dan rezeki lancar, jangan lupa silaturahim. Silaturahim digencarkan. Hendaklah bersilaturahim, agar tidak putus kekerabatan, sejak awal kita harus baik pada kerabat itu. Kalau tidak baik nanti ada pertikaian, terus putus hubungan, akhirnya tidak bisa menyambung kekerabatan,” jelas Gus Mus.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Syamsul Arifin


Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya