Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

GP Ansor Beri Kursus Bahasa Korea Daring Gratis

GP Ansor Beri Kursus Bahasa Korea Daring Gratis
GP Ansor. (NU Online)
GP Ansor. (NU Online)
Jakarta, NU Online
Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor membuka kursus bahasa Korea daring secara gratis. Hal ini terbuka untuk masyarakat secara umum.

“Ini akan kita gratiskan sebagai sarana masyarakat untuk belajar,” kata Adung Abdurrahman, Sekretaris Jenderal PP GP Ansor pada Kamis (23/4) melalui video konferensi pers.

Hal ini, jelas Adung, merupakan wujud partisipasi Ansor dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini tanpa harus menggunakan anggaran negara.
 
“Masyarakat bisa melakukan partisipasi itu dengan tanpa melibatkan atau tanpa menggunakan anggaran negara yang seharusnya bisa digunakan semaksimal mungkin untuk masyarakat yang terdampak,” ujarnya.

Adung menambahkan bahwa partisipasi masyarakat mengadakan kursus gratis pada masa pandemi Covid-19 ini perlu ditumbuhkan.

Pelatihan gratis ini terwujud atas kerjasama dengan Serikat Pekerja Perikanan Indonesia (SPPI) dan Korean First. Ketua Umum SPPI Ilyas Pangestu menyampaikan bahwa pelatihan bahasa Korea ini sebagai sarana untuk membantu calon pekerja ataupun yang sudah bekerja di Korea ataupun perusahaan Korea. Hal tersebut mengingat komunikasi merupakan hal yang sangat penting.

“Komunikasi itu penting. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan instruksi akan berakibat fatal,” ujarnya. 

Dipilihnya bahasa Korea karena melihat banyaknya jumlah WNI yang mendaftarkan diri untuk bekerja di Negeri Ginseng itu. Setidaknya, kata Ilyas, terdapat 30 ribu WNI setiap tahunnya yang mendaftar untuk dapat mendapatkan pekerjaan di sana.

Banyaknya pendaftar tersebut bukan tanpa alasan mengingat gaji pokok di sana saja setidaknya berada di kisaran 21 juta rupiah dan perlindungan terhadap para pekerja juga cukup baik. 

Sementara itu, Danu Sonsengnim dari Korean First menjelaskan bahwa hasil dari pelatihan ini, peserta dapat melamar kerja ke Korea. Sembari menunggu panggilan ke Korea, peserta yang sudah berkemampuan bahasa Korea dapat bekerja di perusahaan Korea di Indonesia.

Syarat mengikuti pelatihan ini sama dengan syarat melamar kerja di Korea, yakni WNI yang berusia 18 sampai 38 tahun yang sehat jasmani dan rohaninya. Ini terbuka untuk siapapun yang memenuhi kriteria tersebut.

Peserta dapat mendaftarkan diri melalui tautan berikut kelas.koreanfirst.net/pelatihan-prakerja/ untuk mendapatkan akses gratis, baik melalui aplikasi di ponsel Android ataupun Apple, juga melalui peramban (browser) di komputer atau laptop peserta.

Pewarta: Syakir NF
Editor: Fathoni Ahmad


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×