Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

61.070 Jamaah Sudah Ada di Tanah Suci: 558 sakit, 11 Wafat

61.070 Jamaah Sudah Ada di Tanah Suci: 558 sakit, 11 Wafat
Petugas haji membantu jamaah. (Foto: Kemenag)
Petugas haji membantu jamaah. (Foto: Kemenag)

Jakarta, NU Online
Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin menginformasikan bahwa memasuki hari ke-21 operasional haji 1443 H/2022 M, total 61.070 jamaah haji Indonesia sudah diberangkatkan ke Tanah Suci, baik di Bandara Jeddah maupun Madinah.


"Sebanyak 61.070 jamaah haji Indonesia sudah diberangkatkan. Dari jumlah itu, sebanyak 47.488 jamaah sudah berada di Makkah, sisanya masih menjalani Ibadah Arbain di Madinah," jelasnya dalam keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat (24/6/2022).


Proses pemberangkatan jamaah haji Indonesia ini lanjut Fauzin, terus berlangsung hingga 3 Juli 2022. Untuk hari ini, ada 2.866 jamaah haji Indonesia yang diberangkatkan ke Tanah Suci. Mereka terbagi dalam tujuh  kloter dan berangkat dari enam embarkasi.


Dua kloter berangkat dari Embarkasi Jakarta – Bekasi/JKS (820). Masing-masing satu kloter berangkat dari Embarkasi Batam/BTH (450), Lombok/LOP (393), Solo/SOC (36), Surabaya/SUB (450), dan Makassar/UPG (393).


Terkait data jamaah sakit dan wafat di Arab Saudi, Fauzin menyampaikan bahwa dari awal keberangkatan hingga hari ini, ada 558 jamaah yang sakit. Rinciannya, sebanyak 383 orang  rawat jalan, 188 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dan 17 orang dirawat di RSAS.


Untuk jamaah wafat, bertambah satu orang atas nama Alfin Hartini Soengeb, perempuan, 59 tahun nomor paspor C63 99 592, asal kloter 9 Embarkasi Surabaya (SUB 9).


“Sehingga sampai hari ini jumlah jamaah wafat sebanyak 11 orang,” jelasnya dikutip dari laman Kemenag.


Terkait dengan kesehatan jamaah, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan terus mengingatkan jamaah untuk terus menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan dengan langsung melakukan kunjungan kepemondokan jamaah.


Seperti yang dilakukan Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) KKHI Makkah bersama tim promosi kesehatan (promkes) Makkah PPIH Arab Saudi yang langsung menyapa jamaah haji Indonesia yang terlihat tidak memakai masker di lobi Hotel Al Lu'luah 301.


Kepada jamaah, Tim mengingatkan untuk menjaga diri dengan selalu memakai masker. Seruan memakai masker ini agar tidak tertular atau menularkan penyakit baik selama di Arab Saudi maupun sampai di Tanah Air.


Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×