Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

1000 Ekor Kambing Untuk Ribuan Jamaah Maulid di Pekalongan

1000 Ekor Kambing Untuk Ribuan Jamaah Maulid di Pekalongan

Pekalongan, NU Online
Puluhan ribu umat Islam memadati arena Peringatan Maulidurrasul SAW di Gedung Kanzus Sholawat, Pekalongan, Ahad (25/1). Mereka yang datang dari sejumlah provinsi di Indonesia, dijamu dengan 1000 ekor kambing dan 10 ton beras oleh tuan rumah Habib Luthfi bin Yahya.

<>

Namun pihak panitia mengaku baru menyembelih 300 ekor kambing dan memasak 2,5 ton beras. sedangkan sisanya akan dipergunakan untuk rangkaian maulid di berbagai daerah yang tersebar di 99 tempat.

Sejak malam hari sebelumnya kendaraan-kendaraan besar dari luar daerah sudah memadati area parkir yang disediakan panitia bekerja sama dengan Polresta Pekalongan. Ribuan tamu utusan dari Idaroh Wustho dan Syu'biyah sejak Jum'at sudah hadir untuk mengikuti berbagai rangkaian kegiatan maulid, antara lain silaturrahmi mursyid thariqah dengan ulama Syiria.

Jalan dr Wahidin Pekalongan sepanjang 1000 meter menjadi penuh dengan lautan manusia berbusana putih-putih untuk mengikuti kegiatan peringatan maulid di Gedung Kanzus Sholawat.

Sekretaris Panitia Maulid Sumarjo kepada NU Online mengatakan, “Kegiatan maulid 1436 Hijriyah berlangsung dengan semarak dan penuh khidmat. Hal ini terlihat dari tamu yang hadir tampak khusyuk mengikuti acara demi acara yang dimulai sejak jam 8 pagi hingga jam 3 siang.”

Penyampai taushiyah ialah Habib Umar Muthohar Semarang, Habib Zaed dari Yaman, dan Habib Fadhil Al-Jilani dari Syria. Sedangkan tausiyah dari Habib Luthfi yang ditunggu para hadirin ditiadakan mengingat waktu yang terlalu sempit.

Sementara pihak polres Pekalongan Kota dibantu Kodim 0710 Pekalongan dan ratusan Banser dari Kota dan kabupaten Pekalongan tampak berjaga-jaga sejak pagi hingga acara usai.

Kegiatan maulid di Kanzus sholawat merupakan awal kegiatan peringatan maulid yang ada di berbagai daerah dan akan berlangsung hingga jelang bulan Ramadhan 1436 Hijriyah mendatang. 

Banyak daerah mengadakan peringatan maulid dalam satu rangkaian maulid Kanzus Sholawat untuk memastikan agar kegiatannya bisa dihadiri Habib Luthfi selaku Khodimul Maulid. (Abdul Muiz/Alhafiz K)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×