Khutbah

Khutbah Jumat: Mari Memuliakan Tamu

NU Online  ·  Kamis, 10 Oktober 2024 | 12:00 WIB

Khutbah Jumat: Mari Memuliakan Tamu

Ilustrasi menyambut tamu. Sumber: Canva/NU Online

Agama Islam membawa ajaran universal yang tidak hanya menyentuh aspek ibadah kepada Allah, tetapi juga mengatur hubungan interaksi sesama manusia, termasuk pedoman berinteraksi kepada tamu yang datang.

 

Maka dari itu, topik khutbah Jumat kali ini berjudul "Khutbah Jumat: Mari Memuliakan Tamu." Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan desktop). Semoga bermanfaat!

 

Khutbah I


اَلحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ. القَائِلِ فِي كِتَابِهِ الكَرِيْمِ: هَلْ اَتٰىكَ حَدِيْثُ ضَيْفِ اِبْرٰهِيْمَ الْمُكْرَمِيْنَۘ. اِذْ دَخَلُوْا عَلَيْهِ فَقَالُوْا سَلٰمًاۗ قَالَ سَلٰمٌۚ قَوْمٌ مُّنْكَرُوْنَ (الذَّارِيَاتْ: ٢٤-٢٥). وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ. أَشْهَدُ اَنْ لَآاِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ. أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ المُصَلُّونَ. اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

 

Hadirin sidang Jumat yang dirahmati Allah!

 

Hari-hari ini, bangsa Indonesia kedatangan tamu mulia, yaitu Imam Masjid Nabawi, Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi yang datang dengan membawa beberapa agenda, yaitu penguatan kerjasama Indonesia dan Arab Saudi serta pertukaran pengalaman pemahaman dan praktik keagamaan yang moderat dan universal. Kedatangan Imam Masjid Nabawi ini adalah keistimewaan bagi Indonesia, sehingga harus dihormati layaknya Islam menganjurkan menghormati tamu. Kedatangan Imam Masjid Nabawi di Indonesia disambut dengan baik dan hangat oleh seluruh masyarakat khususnya Muslim Indonesia dengan rangakaian kegiatan di beberapa tempat sejak hari Selasa, 8 Oktober, hingga hari Jum’at, 11 Oktober.


Agama Islam membawa ajaran universal yang tidak hanya menyentuh aspek ibadah kepada Allah, tetapi juga mengatur hubungan interaksi sesama manusia, termasuk pedoman berinteraksi kepada tamu yang datang. Secara umum, Rasulullah menjelaskan bahwa perilaku menghormati tamu adalah bagian dari implementasi kesempurnaan agama seseorang. Hal ini direkam oleh imam al-Bukhari dalam kitab Shahih al-Bukhari, juz 8, halaman 32:

 

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ، جَائِزَتُهُ يَوْمٌ وَلَيْلَةٌ، وَالضِّيَافَةُ ثَلاَثَةُ أَيَّامٍ، فَمَا بَعْدَ ذَلِكَ فَهُوَ صَدَقَةٌ

 

Artinya: “Siapa pun yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia menghormati dan menjamu tamu. Jamuannya adalah kebutuhan hidup siang dan malam hari. Keutamaan menjamu tamu adalah selama tiga hari, sedangakan setelahnya dianggap sedekah.”


Dalam hadits ini, menghormati tamu dilakukan dengan menjamu dan memenuhi kebutuhan sehari-hari tamu. Memberi makan dan minuman tamu juga dianjurkan dengan makanan dan minuman yang disukai oleh tamu agar dapat memberikan kenyamanan dan kesenangan dalam hati. Hal ini sudah dipraktikkan oleh Nabi Ibrahim juga menghidangkan makanan dalam bentuk olahan daging sapi kepada tamu (Malaikat) yang datang ke rumah. Hal ini diabadikan Allah dalam surat Adz-Dzariyat, ayat 24-27:


هَلْ اَتٰىكَ حَدِيْثُ ضَيْفِ اِبْرٰهِيْمَ الْمُكْرَمِيْنَۘ. اِذْ دَخَلُوْا عَلَيْهِ فَقَالُوْا سَلٰمًاۗ قَالَ سَلٰمٌۚ قَوْمٌ مُّنْكَرُوْنَ. فَرَاغَ اِلٰٓى اَهْلِه فَجَاۤءَ بِعِجْلٍ سَمِيْنٍۙ. فَقَرَّبَه اِلَيْهِمْۚ قَالَ اَلَا تَأْكُلُوْنَ

 

Artinya, “Sudahkah sampai kepadamu (Nabi Muhammad) cerita tentang tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) yang dimuliakan? Ketika mereka bertamu kepadanya, lalu mengucapkan salam, Ibrahim menjawab salam. Mereka bukan orang-orang yang dikenal. Ibrahim pergi diam-diam menemui keluarganya, lalu kembali membawa daging bakar anak sapi gemuk. Dia menghidangkannya kepada mereka, (tetapi mereka tidak makan). Ibrahim berkata, mengapa kamu tidak makan?”


Hadirin sidang Jumat yang dirahmati Allah!

 

Menjamu tamu dengan makanan adalah bentuk penghormatan dan tanggung jawab tuan rumah karena tamu yang datang ke rumah tuan rumah menjadi bagian dari anggota rumah tersebut untuk diberikan kebutuhan pangan dan lain sebagainya selama menjadi tamu. Hal ini tidak menjadi hal yang memberatkan dalam pandangan para ulama, mereka justru merasa bahagia dengan kehadiran tamu. Hal ini jelaskan imam Yahya ibn Mu’adz yang dikutip oleh imam ats-Tsa’alabi dalam kitab At-Tamtsil wal Muhadharah, halaman 430:

 

لَوْ كَانَتِ الدُّنْيَا لُقْمَةً فِي يَدَيَّ لَوَضَعْتُهَا فِي فَمِّ ضَيْفِيْ

 

Artinya, “Seandainya seluruh dunia ini berupa satu suapan yang ada di tanganku, maka akan aku berikan/suguhkan untuk (mulut) tamuku.”


Memenuhi kebutuhan tamu adalah bentuk pengorbanan tuan rumah, tetapi jika dilihat dari sisi yang berbeda, maka akan mendatangkan keberkahan bagi tuan rumah. Hal ini jelaskan imam Syaqiq al-Balkhi yang dikutip oleh imam adz-Dzahabi dalam kitab Siyar A’lamin Nubala’, juz 9, halaman 315:

 

لَيْسَ شَيْءٌ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنَ الضَّيْفِ؛ لِأَنَّ رِزْقَهُ عَلَى اللهِ، وَأَجْرَهُ لِي

 

Artinya, “Tidak ada hal yang lebih aku senangi, melainkan kehadiran tamu, karena rezekinya sudah ditanggung oleh Allah, sedangkan pahalanya diberikan untukku.”


Hadirin sidang Jumat yang dirahmati Allah!


Di sisi lain, menghormati tamu tidak sekedar menjamu dan menyuguhkan makanan dan minuman, tetapi ada hal yang lebih mulia dan universal lagi, yaitu memberikan kenyamanan dan kesenangan kepada tamu. Hal ini tegaskan imam al-Awza’i yang dikutip oleh imam al-Ghazali dalam kitab Ihya’ ‘Ulumid Din, juz 2, halaman 18:

 

قِيْلَ لِلْأَوْزَاعِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مَا كَرَامَةُ الضَّيْفِ؟ قَالَ طَلَاقَةُ الْوَجْهِ وَطَيِّبُ الْحَدِيثِ

 

Artinya, “Imam al-Awza’i pernah ditanya, apa yang dimaksud memuliakan tamu? Ia menjawab, menatap wajah dengan ramah dan berbicara dengan santun.”


Memberikan kenyamanan dan kesenangan merupakan sesuatu yang paling dibutuhkan oleh seorang tamu. Hal ini juga paling dirasakan oleh tamu sebagai bentuk penghormatan dari tuan rumah. Oleh karena itu, hal paling pertama dilakukan tuan rumah terhadap tamu adalah menjawab salam atau sapaan tamu. Ucapan salam yang merupakan tradisi keagamaan adalah ungkapan keharmonisan suasana yang lahir dari orang yang mengucapkannya. Hal ini tegaskan oleh imam Badrud Din al-‘Ayni dalam kitab ‘Umdatul Qari Syarh Shahihil Bukhari, juz 1, halaman 136:

 

إِفْشَاءُ السَّلَامِ الَّذِي يَدُلُّ عَلَى خَفْضِ الْجنَاحِ للْمُسْلِمِيْنَ وَالتَّوّاضُعِ وَالحَثِّ عَلَى تَأَلُّفِ قُلُوبِهِمْ وَاجْتِمَاعِ كَلِمَتِهِمْ وَتَوَادُدِهِمْ وَمَحَبَّتِهِمْ

 

Artinya, “Menyebarkan (mengucapkan) salam yang merupakan tanda ungkapan kerendahan hati, harmonisasi hati, keselarasan ucapan, dan saling cinta serta kasih di antara umat Islam.”

 

Hadirin sidang Jumat yang dirahmati Allah!

 

Kehadiran tamu agung, yaitu Imam Masjid Nabawi (secara khusus) dengan beberapa tujuan mulia tentu menjadi harapan bagi kita semua agar hubungan dan ikatan baik antara Indonesia dan Arab Saudi dapat terjalin dengan baik selamanya. Hal ini juga untuk menguatkan persaudaraan dan harmonisasi seluruh umat Islam dan manusia pada umumnya dalam rangka menciptakan kehidupan yang damai dan tenang.


Secara umum, tamu yang datang ke rumah kita pada hakikatnya adalah bentuk kasih sayang Allah yang datang kepada kita. Kita juga berharap dengan menghidupkan ajaran Islam yang mulia, termasuk menghormati tamu, kita selalu diberikan keberkahan oleh Allah swt. Amin, ya Rabbal ‘Alamin.

 

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

 

Khutbah II

 

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ بنِ عَبدِ الله وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَة. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ. أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ المُسلِمُونَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَاعلَمُوا أَنَّ الله مَعَ ٱلَّذِينَ ٱتَّقَواْ وَّٱلَّذِينَ هُم مُّحْسِنُونَ. قَالَ تَعاَلَى ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠّٰﻪَ ﻭَﻣَﻼَﺋِﻜَﺘَﻪُ ﻳُﺼَﻠُّﻮْﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ، ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬﺎَ ﺍﻟَّﺬِﻳْﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮْﺍ ﺻَﻠُّﻮْﺍ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠِّﻤُﻮْﺍ ﺗَﺴْﻠِﻴْﻤًﺎ

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اَللّٰهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ

عِبَادَاللهِ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتاءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

 


Ustadz Fatihunnada, Dosen Fakultas Dirasat Islamiyyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta