Hikmah

Sejarah Kurban Pertama Manusia Berawal dari Konflik Qabil dan Habil

NU Online  Ā·  Selasa, 6 Juli 2021 | 05:15 WIB

Sejarah Kurban Pertama Manusia Berawal dari Konflik Qabil dan Habil

Ilustrasi kurban. (Foto: NU Online)

Qabil dan Habil disuruh untuk berkurban. Qabil yang seorang petani berkurban dengan hasil kebun miliknya. Sementara Habil yang hidup sebagai peternak berkurban dengan seekor kambing terbaik yang ia miliki. Jika kurban Habil diterima Allah swt, tidak demikian dengan Qabil. Qabil pun merasa hasud pada Habil dan memukul kepalanya dengan batu besar sampai tak bernyawa.


Kisah Qabil dan Habil ini diabadikan dalam Al-Qur’an yang berbunyi,


ŁˆŁŽŁ±ŲŖŪ”Ł„Ł Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁŠŪ”Ł‡ŁŁ…Ū” Ł†ŁŽŲØŁŽŲ£ŁŽ Ł±ŲØŪ”Ł†ŁŽŁŠŪ” Ų”ŁŽŲ§ŲÆŁŽŁ…ŁŽ ŲØŁŁ±Ł„Ū”Ų­ŁŽŁ‚Ł‘Ł ؄ِذ۔ Ł‚ŁŽŲ±Ł‘ŁŽŲØŁŽŲ§ Ł‚ŁŲ±Ū”ŲØŁŽŲ§Ł†Ł—Ų§ ŁŁŽŲŖŁŁ‚ŁŲØŁ‘ŁŁ„ŁŽ مِن۔ Ų£ŁŽŲ­ŁŽŲÆŁŁ‡ŁŁ…ŁŽŲ§ ŁˆŁŽŁ„ŁŽŁ…Ū” ŁŠŁŲŖŁŽŁ‚ŁŽŲØŁ‘ŁŽŁ„Ū” Ł…ŁŁ†ŁŽ Ł±Ł„Ū”Ų£Ł“Ų®ŁŽŲ±Ł Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ Ł„ŁŽŲ£ŁŽŁ‚Ū”ŲŖŁŁ„ŁŽŁ†Ł‘ŁŽŁƒŁŽŪ– Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ Ų„ŁŁ†Ł‘ŁŽŁ…ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲŖŁŽŁ‚ŁŽŲØŁ‘ŁŽŁ„Ł Ł±Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡Ł Ł…ŁŁ†ŁŽ Ł±Ł„Ū”Ł…ŁŲŖŁ‘ŁŽŁ‚ŁŁŠŁ†ŁŽ Ā 


Artinya, ā€œCeritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): "Aku pasti membunuhmu!". Berkata Habil: "Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa.ā€ (QS. Al-Ma’idah [5]: 27)


Berkaitan ayat di atas, Imam al-Qurtubi (w. 1273 M) dalam Al-Jami’ li Ahkamil Qur’an (juz 7, hal. 409) menjelaskan, bahwa setiap Siti Hawa melahirkan, maka yang keluar adalah dua bayi, satu perempuan dan satunya laki-laki. Kedua bayi itu bisa kita sebut sebagai ā€˜saudara satu kandungan’. Memang pernah satu kali Hawa melahirkan anak tunggal (bukan berpasangan), yaitu saat melahirkan Nabi Syits, yang lahir menggantikan Habil karena dibunuh saudaranya sendiri, Qabil.


Qabil lahir bersama dengan saudari satu kandung yang bernama Iqlima. Konon, Iqlima terlahir sebagai wanita yang cantik berseri. Sementara Habil lahir dengan saudari kandungan yang bernama Labuda. Paras Labuda tidak secantik Iqlima.


Sesuai dengan aturan yang berlaku, maka Qabil harus menikah dengan Labuda. Sementara Habil menikahi Iqlima. Aturannya tidak boleh menikahi saudara satu kandungnya. Melihat ketentuan demikian, Qabil tidak terima. Ia hanya mau menikahi saudari satu kandungnya, Iqlima, yang memiliki paras cantik berseri.


Mengungkapkan rasa tidak terimanya, Qabil berkata,


Ų£ŁŽŁ†ŁŽŲ§ Ų£ŁŽŲ­ŁŽŁ‚Ł‘Ł ŲØŁŁ‡ŁŽŲ§ŲŒ ŁˆŁŽŁ‡ŁŁˆŁŽ Ų£ŁŽŲ­ŁŽŁ‚Ł‘Ł ŲØŁŲ£ŁŲ®Ł’ŲŖŁŁ‡ŁŲŒ ŁˆŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ’Ų³ŁŽ Ł‡ŁŽŲ°ŁŽŲ§ Ł…ŁŁ†ŁŽ Ų§Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡ ŲŖŁŽŲ¹ŁŽŲ§Ł„ŁŽŁ‰ŲŒ ŁˆŁŽŲ„ŁŁ†Ł‘ŁŽŁ…ŁŽŲ§ Ł‡ŁŁˆŁŽ Ų±ŁŽŲ£Ł’ŁŠŁŁƒŁŽ!


Artinya, ā€œSaya lebih berhak untuk Iqlima. Dan Habil pun lebih berhak dengan saudari perempuan sekandungnya. Ketentuan ini sebenarnya bukan dari Allah, melainkan hanya akal-akalanmu (Adam) saja!ā€ (lihat al-Razi, Mafatih al-Ghaib, juz 11, hal. 204)


Singkat cerita, Nabi Adam as memerintahkan kedua putranya (Qabil dan Habil) untuk berkurban. Maka, barang siapa yang kurbannya diterima oleh Allah swt, ia lah yang lebih berhak.


Dalam Mafatih al-Ghaib, Syekh Fakhruddin al-Razi (w. 1210 M) menjelaskan, jika kurban mereka diterima, maka persembahan kurbannya akan disambar oleh api yang turun dari langit sebagaimana pendapat mayoritas ahli tafsir. (lihat al-Razi, Mafatih al-Ghaib, juz 11, hal. 205)


Qabil yang berprofesi sebagai petani, mempersembahkan kurbannya berupa hasil bumi miliknya. Hanya saja, hasil bumi yang dikeluarkannya begitu buruk. Sementara Habil yang berprofesi sebagai peternak, mempersembahkan kurbannya dengan seekor kambing. Jika Qabil berkurban dengan hasil tanaman yang buruk, lain dengan Habil yang berkurban dengan seekor kambing pilihan terbaik miliknya.


Dari persembahan yang dikeluarkan masing-masing Qabil dan Habil, kita bisa menilai, mana yang benar-benar ikhlas, dan mana yang tidak. Tentu, Habillah yang tampak ikhlas karena berkurban dengan kambing pilihan terbaik miliknya. Bukan Qabil yang dengan tanaman buruk hasil panennya. Ini juga mengindikasikan bahwa Qabil bukanlah seorang yang bertakwa dan taat kepada Allah swt.Ā 


Benar saja, api turun dari langit dan menyambar kambing milik Habil. Sementara tanaman persembahan milik Qabil tidak. Artinya, kurban Habil diterima, sedangkan Qabil tidak.


Menyadari hal ini, Qabil pun tidak terima dan merasa iri dengan Habil. Dengan emosi, Qabil mengambil batu besar dan memukulkannya ke kepala Habil sampai meninggal. Syekh Fakhruddin al-Razi menjelaskan,


Ł‚ŁŽŲØŁŁ„ŁŽ Ų§Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡ ŲŖŁŽŲ¹ŁŽŲ§Ł„ŁŽŁ‰ Ł‚ŁŲ±Ł’ŲØŁŽŲ§Ł†ŁŽ Ł‡ŁŽŲ§ŲØŁŁŠŁ„ŁŽ ŲØŁŲ£ŁŽŁ†Ł’ Ų£ŁŽŁ†Ł’Ų²ŁŽŁ„ŁŽ Ų§Ł„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡ ŲŖŁŽŲ¹ŁŽŲ§Ł„ŁŽŁ‰ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‰ Ł‚ŁŲ±Ł’ŲØŁŽŲ§Ł†ŁŁ‡Ł Ł†ŁŽŲ§Ų±Ł‹Ų§ŲŒ ŁŁŽŁ‚ŁŽŲŖŁŽŁ„ŁŽŁ‡Ł Ł‚ŁŽŲ§ŲØŁŁŠŁ„Ł Ų­ŁŽŲ³ŁŽŲÆŁ‹Ų§ Ł„ŁŽŁ‡Ł.


Artinya, ā€œAllah ta’ala menerima kurban Habil dengan menurunkan api untuk menyambar kurban milik Habil. Kemudian Qabil membunuhnya karena merasa dengki.ā€ (lihat al-Razi, Mafatih al-Ghaib, juz 11, hal. 204)


Hikmah dan Perenungan


Pertama, ayat ini memiliki keterkaitan dengan ayat sebelumnya (QS. Al-Maidah [5]: 26) yang menjelaskan tentang Bani Israil (Yahudi) yang membangkang kepada Nabi Musa. Hikmahnya adalah pembahasan QS. QS. Al-Maidah (5): 27 memberitahu kita bahwa karakter Bani Israil adalah zalim sebagaimana kekzaliman Qabil terhadap saudaranya, Habil.Ā 


Ini juga sekaligus dalam rangka menenangkan Nabi Muahhamad saw, bahwa orang Yahudi yang kejam terhadapnya, juga sama seperti Yahudi sejak dulu yang membunuh nabi-nabinya, sebagaimana kejamnya Qabil membunuh Habil. Artinya, bukan Nabi Muhammad saja yang ditindas oleh Yahudi, nabi-nabi sebelumnya pun demikian, bahkan sampai dibunuh. (llihat al-Qurtubi, Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, juz, 7, hal. 408)


Kedua, ayat ini juga berkaitan dengan ayat sebelumnya (QS. Al-Maidah [5]: 18), dengan penegasan bahwa orang-orang Yahudi dan Nasrani yang mengaku sebagai keturunan nabi-nabi, nasab itu tidak ada manfaatnya jika tidak taat kepada Allah swt. Sebagaimana Qabil yang merupakan anak Nabi Adam. Meskipun Qabil anak seorang nabi, tapi nasabnya tidak ada nilainya karena kezaliman yang diperbuatnya. (lihat al-Razi, Mafatih al-Ghaib, juz 11, hal. 203)


Pesan moral poin kedua ini menegaskan, bahwa nasab bukanlah penentu keberhasilan seseorang. Semua kembali pada pribadi masing-masing. Dalam kisah lain, kita juga tahu seorang anak yang bernama Kan’an tidak mau beriman kepada Allah. Padahal ia adalah anak Nabi Nuh as. Akhirnya, Kan’an diazab oleh Allah bersama umat-umat Nabi Nuh yang durhaka lainnya.


Muhamad Abror, Pengasuh Madrasah Baca Kitab, alumnus Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Mahasantri Ma'had Aly Saidusshiddiqiyah Jakarta