Daerah

Tadris Literasi LTNNU Jepara Bahas Otoritas Kiai dan NU

NU Online  ·  Senin, 20 Mei 2019 | 10:00 WIB

Tadris Literasi LTNNU Jepara Bahas Otoritas Kiai dan NU

Diskusi LTNNU Jepara di Alu-alun kota

Jepara, NU Online 
Pengurus Cabang Lembaga Ta’lif Wan Nashr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Kabupaten Jepara Jawa Tengah kembali menggelar Tadris Literasi bertempat di Taman Alun-alun Jepara, Ahad (19/5) sore. 

Kegiatan yang dilaksanakan jelang berbuka puasa itu diikuti oleh 22 peserta. Hadir sebagai narasumber Dosen Unisnu Jepara Ahmad Saefudin, dengan tema Otoritas Kiai dan NU yang Terus Digugat Mereka

Dalam paparannya ia menyampaikan, pada kurun abad ke-15 dan ke-16, santri Nusantara banyak yang pergi ke tanah haramain dan membangun komunitas yang oleh orang Arab disebut “Ashab al Jawiyin” (saudara kita orang Jawa). 

“Bahkan, sampai abad ke-17 dan ke-18, banyak kiai Nusantara yang menjadi transmiter utama gerakan neo-sufisme yang memadukan konsep syariat dengan tasawuf secara harmonis. Sekembalinya mereka ke tanah air dari proses nyantri yang relatif lama di Mekkah atau Kairo, kiai Nusantara membangun otoritas baru dengan mendirikan pesantren di tengah komunitas Muslim sembari tetap menjaga hubungan intensif dengan ulama Timur Tengah,” paparnya.  

Di dunia pesantren, rantai transmisi spiritual dan intelektual semacam ini ditularkan oleh kiai kepada santri sebagai upaya ketersambungan sanad dalam rangka menjaga otentisitas ilmu pengetahuan. Akhirnya, pesantren menjadi salah satu tradisi agung (great tradition) yang berfungsi mentransmisikan teks-teks keislaman klasik (al-kutub al-mu’tabarah) di bidang ilmu gramatika Arab, yurisprudensi, dan mistisisme Islam. 

Polesan media sosial yang hegemonik semakin menambah aura personal branding mereka. Sementara itu, dalam usaha memahami kitab-kitab kanonik, mereka menempuh cara-cara yang dianggap paling mudah, praktis dan cepat. Cukup bermodal gawai dan kuota internet, seolah segala masalah selesai. 

Ahmad Saifudin juga melihat realitas dengan kaca analisanya bahwa benarkah ulama baru ini lebih otoritatif menjelaskan term-term keislaman? “Belum tentu. Nyatanya, eksistensi mereka di ruang publik kerap menuai masalah. Netizen sering dikagetkan oleh ulah mereka yang kontroversial," tandasnya. 

Mereka ada yang keseleo lidah, salah tafsir, ngacak-acak urutan ayat, memperkosa tajwid, terlibat laku kriminal (persekusi, penganiayaan, penggelapan), dan yang paling konyol lagi ialah tidak segan-segan mengintimidasi jamaah pengajian yang berbeda pandangan dalam preferensi politik. Khusus yang terakhir ini, kadang kita sulit mengidentifikasi, sebenarnya dia itu ulama beneran atau kacung politisi? Atau jangan-jangan makelar?.

Maka sangat beruntung sekali jika ada kaum milenial yang hari ini sedang berjibaku di pesantren, sibuk muraja'ah, kenyang lalaran nadzam alfiyah, setoran berdarah-darah, pusing meng-i'lal kalimah, dan bosan nashrif karena jengah. 

“Percayalah! rutinitas sekarang yang mungkin bagi kalian menjenuhkan itu, suatu saat pada masanya akan jadi romantika sejarah yang ngangeni. Seluruh kepayahan kalian akan terbayar lunas. Jadi apa pun di masyarakat pasti bermanfaat. Kelak apabila kalian dipercaya oleh umat memimpin jamaah, pasti akan selamat dari status ulama karbitan sesaat,” pungkasnya. (Khabib Aminuddin/Muiz)