Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Sepekan Bantuan NU Peduli Tangani Warga Terdampak Banjir Cilacap

Sepekan Bantuan NU Peduli Tangani Warga Terdampak Banjir Cilacap
Warga terdampak banjir Cilacap di lokasi pengungsian. (Foto: NU Peduli Cilacap)
Warga terdampak banjir Cilacap di lokasi pengungsian. (Foto: NU Peduli Cilacap)

Cilacap, NU Online
Sepekan sejak banjir susulan menerjang beberapa kecamatan di Cilacap, Jawa Tengah, NU Peduli terus memberikan layanan kepada warga terdampak. Seperti pada Sabtu (21/11) Tim melakukan pendistribusian bantuan logistik ke Posko NU peduli di Kecamatan Gandrungmangu, Posko NU Peduli di Kecamatan Majenang, dan pendistribusian logistik untuk masyarakat Desa Bulupayung, Kecamatan Patimuan.

 

Manajer NU Care-LAZISNU Cilacap, Ahmad Fauzi, tim terdiri dari NU Care-LAZISNU dibantu oleh tim Koin NU Kecamatan Gandrungmangu, GP Ansor, Banser Gandrungmangu, Sarbumusi, Kelompok Bank Sampah.

 

Pada hari yang sama juga diadakan pengobatan gratis di Desa Sikampuh dan Desa Gentasari Kacamatan Kroya, dengan jumlah penerima layanan sebanyak 150 orang. Selain itu juga di Desa Bulupayung Kecamatan Patimuan 67 orang terlayani.

 

"Pelaksana Kegiatan Tim NU Cilacap Peduli unsur NU Care-LAZISNU Cilacap dan LKNU Cilacap​​​​​​ dibantu tim Koin NU dan Banser," kata Fauzi.

 

Sehari sebelumnya pada Jumat (20/11), tim melakukan penyaluran bantuan logistik ke Posko NU Peduli di wilayah Kecamatan Wanareja, juga pendistribusan logistik ke posko NU Peduli di SMP Diponegoro Majenang.

 

Pendistribusian logistik juga diberikan untuk warga terdampak banjir di Wilayah Kecamatan Kroya, Gandrungmangu, Bantarsari, Sidareja, Wanareja, Kedungreja, Majenang,​​Nusawungu, Karangpucung, Kampunglaut.

 

Bantuan logistik sebelumnya dikumpulkan menjadi satu di Kantor PCNU Cilacap, untuk kemudian tim NU Peduli akan mendistribusikan ke wilayah-wilayah terdampak banjir.

 

 Sementara pengobatan gratis dilakukan di Posko Kesehatan NU Peduli Desa​​​​​Cikedondong Kecamatan Bantarsari di mana 82 orang terlayani; Balai Desa Kedungwadas,​​​​​ Kecamatan Bantarsari 67 orang terlayani; dan Dusun Bojong Meros Desa Pahonjean Kecamatan Majenang​​​​​​​​​​​​​​.

 

Pada Kamis (19/11), tim mendistribusikan 427 nasi bungkus dan 30 paket sembako. Rinciannya 75 bungkus ke Desa Purwasari Dusun Mulyasari; 75 bungkus ke Desa Tarisi Dusun Cikaronjo dan 30 Paket Sembako, serta 277 bungkus ke Desa Tarisi Dusun Rangkasan dan Sidadadi.

 

Dapur umum juga dididirikan ​​​​​​​di Jalan Rambutan RT 5/7 Merneng  Wetan, Kedawung. Dengan koordinator Hj Muriyah dapur umum ini menanggung sebanyak 1300 jiwa. Adapun wilayah persebaran mencakup Werneng Wetan, Sigadung, Senangka, Pontong, Kedawung Ngetal.

 

Distribusi bantuan pada hari pertama Selasa (17/11) sebanyak 150  nasi bungkus ke Desa Tarisi Dusun Rangkasan. Hari kedua Rabu (18/11) distribusi 427 nasi bungkus dan 30 paket sembako dengan perincian 75 bungkus ke Desa Tarisi Dusun Cikaronjo dan 30 paket sembako; 257 bungkus ke Desa Tarisi Dusun Rangkasan dan Sidadadi; dan 75 bungkus ke Desa Purwasari Dusun Mulyasari.

 

"Tim menggunakan satu buah perahu milik pentasan Dusun Grebek, sebagai sarana transportasi distribusi bantuan dan evakuasi," kata Fauzi.

 

Banjir di Kampunglaut sempat menyebabkan arus listrik putus total akibat dari tiga tiang listrik roboh.

 

Banjir Cilacap awalnya hanya terjadi di Kecamatan Kroya pada Oktober lalu. Banjir kemudian terjadi di kecamatan lainnya. Banjir terjadi karena curah hujan yang tinggi, dan tekstur dataran kabupaten Cilacap yang rata.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya