Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Semarak Maulid dari Kampung

Semarak Maulid dari Kampung

Jepara, NU Online
Bait-bait shalawat dilantunkan Suwandi, pemimpin jalannya mauludan. Lalu jamaah menirukan persis seperti yang ia lantunkan.<>

Ya Rabbi shalli ala Muhammad
Ya Rabbi shalli ala Muhammad
Ya Rabbi shalli alaihi wasallim
Ya Rabbi alaihi wasallim

Begitulah semarak peringatan maulid Nabi yang dilakukan di musholla Baitur Rohman desa Margoyoso kecamatan Kalinyamatan mulai Sabtu malam (12/1) hingga 12 hari kedepan. Tidak hanya di musholla, langgar, masjid, majlis taklim dan pesantren melakukan hal serupa. Waktunya bisa siang hari, sehabis maghrib maupun setelah isyak. 

Adapun yang mereka baca adalah shalawat nabi sekaligus maulid al-barjanzi, ad-dibai, simtuth durar dan lain sebagainya. Bagi kelompok yang memiliki alat musik rebana kemeriahan 12 hari mauludan semakin membahana. 

Kiai Khoirul Kamal mewakili nadhir musholla mengungkapkan kegiatan mauludan yang dilaksanakan selama 12 hari di bulan Rabiul Awwal merupakan agenda untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. “Siapa orangnya yang mengagungkan datangnya maulid nabi kelak akan disyafaati oleh kanjeng Nabi,” jelas Kamal sembari mengutip hadits. 

Kegiatan diawali dengan pembacaan shalawat, maulid, mahallul qiyam dan doa. Setelah itu jamaah diberi jadah, penganan yang dibawa oleh jamaah.

“Di musholla kami yang membawa penganan dibagi setiap malam ada 5 orang plus 2 orang yang membawa teko isi minuman. Itu kami lakukan agar penganan bisa dibagi rata untuk semua jamaah,” papar H Sururil Anwar, sekretaris Musholla. 



Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Syaiful Mustaqim



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×