Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

RSINU Demak Dirikan Posko Kesehatan Korban Banjir di Guntur 

RSINU Demak Dirikan Posko Kesehatan Korban Banjir di Guntur 
Tim medis RSINU Demak, Jateng di lokasi banjir (Foto: NU Online/Samsul)
Tim medis RSINU Demak, Jateng di lokasi banjir (Foto: NU Online/Samsul)
Demak, NU Online
Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSI NU) Demak, Jawa Tengah mendirikan posko kesehatan untuk memberikan pertolongan awal kepada para korban bencana banjir di Guntur Demak yang terganggu kesehatannya.
 
Direktur RSI NU Demak dr Abdul Aziz mengatakan, posko kesehatan itu didirikan untuk memberikan layanan kesehatan kepada para korban bencana banjir di wilayah Kecamatan Guntur yang sebagian wilayahnya tergenang air akibat sejumlah aliran sungai meluap karena tidak mampu menampung air hujan dan  kiriman air dari daerah atas.
 
"Kami menyiapkan beberapa tim kesehatan yang siap bergerak cepat. Tim satu sudah kami kirim ke Posko di  Guntur, kalau masih dibutuhkan tim berikutnya juga siap digerakkan, karena bisa jadi areal banjir semakin meluas," kata Azis di Demak, Kamis (9/1).
 
Dijelaskan,  meski selalu dalam kondisi siap, namun dirinya tidak ingin areal banjir semakin meluas. Tiap tim dan posko selain dilengkapi obat-obatan juga ditempatkan 
2 orang dokter, 12 perawat, 2 driver,  2 mobil  ambulance, 4 satpam, 21 tenaga apoteker, 1 tenaga sanitasi, 1 tenaga gizi, dan 3 pembantu umum.
 
Kepada anggota tim kesehatan yang bertugas di areal bencana banjir diharapkan  dapat menjaga diri,  meningkatkan kesabarannya dan bersikap profesional sehingga para korban bencana merasa terayomi dan terbantu dalam menghadapi musibah yang tidak diinginkan.

"Adanya layanan dan fasilitas kesehatan ini  diharapkan masyarakat yang menjadi korban bencana dan membutuhkan layanan kesehatan dapat cepat tertangani, sehingga tidak sampai berlarut-larut," jelasnya.
 
Posko kesehatan ini juga disiapkan untuk memberikan layanan kesehatan kepada  para relawan yang sedang bekerja keras membantu korban. Para relawan tentu juga terbatas kekuatan dan kemampuan fisiknya.
 
"Setelah bekerja keras, diharapkan mereka memeriksakan kesehatannya di posko agar staminanya dapat terjaga  dan pulih kembali, atau setidaknya kalau kesehatannya mulai terganggu bisa cepat tertangani sehingga bisa kembali pulih dan dapat  beraktivitas lagi membantu korban bencana banjir," ujarnya 
 
Kontributor: Samsul
Editor: Abdul Muiz


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya