Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Perusahaan Benih Nasional Dukung LPNU Jember Berdayakan Masyarakat

Perusahaan Benih Nasional Dukung LPNU Jember Berdayakan Masyarakat
Ketua PC LPNU Jember, Muhammad Imron (kanan) dan Presiden Komisaris PT BCA, H Slamet Sulistiyono (nomor dua dari kanan) dalam sebuah rapat koordinasi di aula kantor PCNU Jember. (Foto: NU Online/Aryudi A Razaq)
Ketua PC LPNU Jember, Muhammad Imron (kanan) dan Presiden Komisaris PT BCA, H Slamet Sulistiyono (nomor dua dari kanan) dalam sebuah rapat koordinasi di aula kantor PCNU Jember. (Foto: NU Online/Aryudi A Razaq)

Jember, NU Online
Upaya Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jember Jawa Timur untuk mengangkat derajat perekonomian masyarakat melalui pembentukan Entrepreneurship LPNU Digital Center, mendapat dukungan dari PT Benih Citra Asia (BCA). PT ini merupakan perusahaan multi nasional yang bergerak di bidang produksi benih tanaman pangan dan holtikultura. Menurut Presiden Direktur PT BCA, H Slamet Sulistiyono, pihaknya siap mendukung berkembangnya lapak digital milik LPNU Jember tersebut.


“Selama ini kami dengan LPNU Jember sudah kerja sama yang meliputi pelatihan pembuatan benih, pemasaran, dan sebagainya,” ucapnya di kepada NU Online di kantor PT BCA, Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Senin (15/3).


Ia mengatakan, kerja sama tersebut akan terus ditingkatkan karena ada kesamaan misi antara PT BCA dan LPNU Jember, yaitu ingin memberdayakan ekonomi masyarakat. Dikatakan H Slamet, sapaan akrabnya, selama ini pihaknya sudah memberdayakan masyarakat dengan merekrut  tenaga kerja lokal, terutama warga NU.


“Semua karyawan PT BCA, kami ambil dari masyarakat sekitar perusahaan, terutama anak-anak NU, itu sudah komitmen kami,” ungkapnya.


Ia menegaskan, Entrepreneurship LPNU Digital Center memiliki misi yang tak jauh beda, yaitu untuk memberdayakan masyarakat. Sebab, ia akan menjadi etalase penjualan produk ekonomi masyarakat, apapun bentuknya. Dengan etalase tersebut, maka produk-produk dari masyarakat akan mudah terserap di pasaran.


“Jadi kalau selama ini, problemnya sering kali berkutat pada pemasaran produk, maka Entrepreneurship LPNU Digital Center bisa membantu, begitu kira-kira,” tambahnya.


Untuk itu, H Slamet menyatakan membuka pintu lebar-lebar bagi Entrepreneurship LPNU Digital Center untuk kerja sama dalam bentuk pelatihan, dan bahkan kerja sama penjualan produk. Dikatakannya, PT BCA mempunyai 200 varietas produk benih tanaman pangan dan holtikultulra hingga palawija.


“Selama ini kami menjual produk kami melalui pasar langsung (offline), tapi juga bisa melalui online,” jelasnya.


Sementara itu, Ketua PC LPNU Jember, Muhammad Imron,  mengungkapkan bahwa untuk tahun pertama Entrepreneurship LPNU Digital Center akan fokus di bidang pemasaran. Maksudnya, pemasaran produk-produk dari masyarakat, bukan produk LPNU sendiri.


“Pemasaran sekaligus penjualan karena tidak mungkin kita memasarkan barang tapi tidak dijual,” ungkapanya.


Pemasaran, lanjutnya, adalah kunci penting dari suksesnya sebuah perusahaan. Oleh karena itu, pasar harus digarap dulu sebelum menciptakan produk. Sebab, ketika produk sudah ada maka penyerapannya di pasar lebih mudah. Sebaliknya, jika produk digarap lebih dulu, bisa kesulitan untuk memasarkannya.


“Selama ini  kita berlomba-lomba memproduksi barang, tanpa memikirkan bagaimana setelah barang itu jadi. Akibatnya barang banyak tidak laku. Nah, teman-teman di Entrepreneurship LPNU Digital Center kita ajari pemasaran  dulu hingga matang. Nanti pelan-pelan kami (LPNU)  produksi barang sendiri,” pungkasnya.


Pewarta:  Aryudi A Razaq
Editor: Muhammad Faizin


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya