Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peringatan Maulid Merujuk pada Perintah Al-Quran

Peringatan Maulid Merujuk pada Perintah Al-Quran

Grobogan, NU Online
Peringatan maulid Rasulullah SAW merupakan perintah Allah dalam surat Yunus ayat 58. Dengan lafal 'faraha', ayat itu menganjurkan umat Islam untuk menyatakan kebahagiaan dalam menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW.
<>
Demikian disampaikan cucu Kiai Maemun Zubair, Gus Rojih Ubab dalam peringatan haul Kiai Ahmad Midkhol dan haflah khotmil Qur’an pesantren Al-Faqih desa Selo kecamatan Tawangharjo kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Senin (10/2) malam.

Setiap kata dalam Al-Qur’an memiliki praktik berbeda kendati makna lafalnya sama. “Lafal faraha berarti gembira, surur juga bermakna gembira. Namun praktiknya berbeda. Faraha itu gembira yang diperlihatkan, sedangkan surur menyikapi kegembiraan tanpa diperlihatkan,” jelas Gus Rojih Ubab.

Diutusnya Nabi Muhammad SAW, lanjut Gus Rojih, kita diperintahkan untuk bergembira. Itulah mengapa orang NU memperlihatkan kegembiraannya dengan membaca Al-Barzanji dan berkumpul bareng di majelis, “Dan tidak membaca sendiri-sendiri di kamar,” tuturnya. (Asnawi Lathif/Alhafiz K)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×