Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pawai Panjang Jimat Kembali Semarakkan Maulid Nabi di Pekalongan

Pawai Panjang Jimat Kembali Semarakkan Maulid Nabi di Pekalongan
Syaikh Aun Al-Qaddumy dari Yordania; salah satu pembicara dalam Konferensi Thariqah di Pekalongan. Foto: Twitter @HabibluthfiYahy
Syaikh Aun Al-Qaddumy dari Yordania; salah satu pembicara dalam Konferensi Thariqah di Pekalongan. Foto: Twitter @HabibluthfiYahy
Pekalongan, NU Online
Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, peringatan Maulid Nabi Muhammad di Pekalongan, Jawa Tengah, akan kembali disemarakkan dengan Pawai Panjang Jimat. Acara yang dinanti-nanti masyarakat Pekalongan dan sekitarnya ini rencananya dilaksanakan Sabtu (16/1) mendatang, mulai pukul 13.00 hingga 17.00 WIB.

Hanya saja, perayaan tahunan yang diselenggarakan Kanzus sholawat pimpinan Habib Lutfi bin Ali Yahya kali ini tidak lagi mengambil titik start dari Stadion Kota Batik seperti tahun-tahun lalu. Melainkan akan diberangkatkan dari kawasan Alun-Alun Kota Pekalongan, tepatnya dari depan halaman Eks Pendopo Bupati Pekalongan di Jalan Nusantara dan finish di Kawasan budaya Jetayu.

“Rutenya melewati Jalan Wahid Hasyim, Jalan Hayamwuruk, Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Diponegoro, dan finish di Lapangan Jetayu. Sedangkan panggung kehormatannya berada di Jalan Diponegoro, depan Mapolres Pekalongan Kota,” ungkap Sekretaris Umum Panitia Maulid, Sumarjo SH, Rabu (13/1).

Menurut Sumarjo, sudah ada 60 grup atau tim yang mendaftar sebagai peserta Pawai Panjang Jimat. Mereka terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Mulai dari seniman budayawan, kalangan pelajar, organisasi pemuda, grup barongsai, kelompok marawis, ormas, hingga unsur TNI-Polri.

Bahkan, Pawai Panjang Jimat rencananya akan dimeriahkan dengan penampilan ‘Drum Corps Cendrawasih’ dari Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang. Penampilan grup marching band oleh Taruna-Taruni Akpol dipastikan akan mampu menyedot perhatian ribuan warga yang menyaksikan Pawai Panjang Jimat.  

Jumat (16/1) ini kegiatan yang digelar antara lain Nikah Maulid di Gedung Kanzus Sholawat,serta  Konferensi Mursyid dan Ulama Thariqah se-Indonesia yang digelar di Ballroom Lantai 3 Hotel Santika dan dihadiri sejumlah ulama dari luar negeri.

Lalu pada Sabtu (16/1), antara lain akan digelar Silaturahmi Ulama Thariqah, Kirab Merah Putih, dan Pawai Panjang Jimat. Kegiatan akan dimulai pukul 8 pagi. Dijadwalkan, Menteri Pertahanan RI Jenderal (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu akan hadir di acara Silaturahmi Ulama Thariqah yang akan dihelat di Gedung HA Djunaid, Kompleks Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran, Kota Pekalongan.

Sedangkan puncak acara maulid digelar pada Ahad (17/1) di Gedung Kanzus Sholawat Jalan Dr Wahidin, berlangsung sejak pukul 7 pagi hingga siang hari dan diperkirakan akan dihadiri puluhan ribu tamu dari berbagai daerah. Sejumlah ulama dari luar negeri akan memberikan ceramah pada kegiatan maulidurrasul. Untuk menjamu tamu tamu Habib Luthfy, pihak panitia telah menyediakan 750 ekor kambing dan 10 ton beras. (Abdul Muiz/Mahbib)
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×