Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Meriahkan Hari Santri, Santri Design Community Gelar Silatnas

Meriahkan Hari Santri, Santri Design Community Gelar Silatnas
Para peserta Silatnas SDC berfoto bersama setelah acara. (Foto: NU Online/Hanan)
Para peserta Silatnas SDC berfoto bersama setelah acara. (Foto: NU Online/Hanan)

Surabaya, NU Online

Menyambut Hari Santri 2019, Santri Design Community (SDC) menggelar kegiatan Silaturrahim Nasional (Silatnas) Santri Indonesia 2019 pada Sabtu – Ahad (26-27/10).

 

Kegiatan yang berlangsung di area gedung Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Menurut pengurus Santri Design Community, Dodik Nurcahyo, kegiatan Silatnas ini merupakan langkah dari Santri Design Community untuk mempertemukan kembali para kader SDC yang telah mengikuti kegiatan kaderisasi berupa Madrasah Design yang telah terlaksana di berbagai daerah.

 

"Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan para kader dari komunitas ini yang pernah mengikuti Madrasah Design sehingga jalinan silaturrahim antar kader bisa terjalin secara nyata sehingga tidak sebatas pada komunikasi lewat grup," jelas Dodik, panggilan akrabnya.

 

Ia menyatakan bahwa kemunculan komunitas ini berawal dari kegelisahan atas wujud dari hasil desain para santri, seperti brosur, poster, atau sebagainya yang dirasa masih terkesan biasa-biasa saja sehingga perlu adanya sentuhan yang menjadikannya lebih baik dari sebelumnya.

 

" Jadi lahirnya Santri Design adalah karena kegelisahan kami terhadap dunia kreatif santri," jelasnya.

 

Tak hanya itu, pria asal Ponorogo ini juga mengharapkan setelah adanya komunitas ini agar para santri bisa bekerja secara profesional di lingkungan yang penuh tekanan, seperti percetakan dan sebagainya.

 

"Harapannya setelah ada komunitas ini, para santri bisa lebih disiplin lagi sehingga bisa mengambil peran di dunia yang lebih profesional seperti pada percetakan, perkantoran, dan sebagainya," bebernya.

 

"Untuk saat ini, salah satu langkah yang telah kami lakukan adalah dengan membentuk tim sedekah desain sehingga kreativitas dan kedisiplinan peserta sedekah desain bisa terbentuk," tambahnya.

 

Ia menegaskan, selain menambah kreativitas dan kedisiplinan para kader, SDC lahir untuk merespon kemajuan zaman yang memungkinkan berdakwah secara visual. Kenyataannya, dakwah secara visual lebih diminati dan lebih mudah dimengerti, terutama oleh kalangan anak muda.

 

"Dakwah pada saat ini bisa juga dilakukan secara visual. Seperti halnya pada saat kami melakukan Tahlilan Desain dalam rangka tujuh hari Mbah Moen," tukasnya.

 

Salah satu penasihat SDC, Abdulloh Hamid berharap adanya kegiatan tersebut bisa menghadirkan dan mewujudkan desainer andal dari kalangan pesantren.

 

"Kami berharap setelah adanya kegiatan ini, para peserta bisa mewujudkan seribu desainer andal dari santri jelang satu abad NU," harapnya.

 

Kontributor: Ahmad Hanan

Editor: Aryudi AR

 

 

 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×