Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Maulid, IPNU-IPPNU Kadur Ziarahi Sayyid Yusuf

Maulid, IPNU-IPPNU Kadur Ziarahi Sayyid Yusuf

Pamekasan, NU Online
Para pengurus IPNU-IPPNU Kadur Pamekasan merayakan maulid nabi dengan ziarah ke pasarean Sayyid Yusuf Sumenep, Ahad (27/01). Ziarah tersebut dimaksudkan untuk 'menghidupkan' kembali semangat perjuangan ulama Islam di Madura ke dalam jiwa para pemuda nahdliyin.<>

Rombongan para penerus perjuangan NU itu berangkat pagi hari. Start pemberangkatan ialah dari Kantor MWCNU Kadur yang berada di dekat Pondok Pesantren Sumber Gayam.

Ziarah ke pasarean atau makam Sayyid Yusuf ini, merupakan kali pertama. Di samping mengenang jasa-jasa ulama Madura, tujuannya juga ialah menguatkan persahabatan di tubuh IPNU-IPPNU. Juga, menyegarkan pikiran setelah sebelumnya melakukan banyak rutinitas dalam memeriahkan Maulid Nabi.

Ketua IPNU Kadur, Faisol Ansori, menegaskan bahwa peringatan maulid nabi, juga bisa diterjemahkan dengan juga mengenang jasa-jasa para ulama. Pasalnya, para ulama merupakan pewaris perjuangan Nabi SAW.

"Beberapa hari lalu, kami menggelar acara shalawatun nabi dengan menghadirkan para petinggi NU Kadur. Saat ini, kami hendak ke Sumenep guna meneguhkan perjuangan Sayyid Yusuf dalam menyebarkan ajaran Islam di Madura," terang Mahasiswa akhir Universitas Islam Madura (UIM) ini.

Ditambahkan Helliyatul Mukarramah, Ketua IPPNU Kadur, setibanya di pasarean Sayyid Yusuf, direncanakan akan melakukan perenungan bersama. Mereka juga akan melakukan istighatsah serta mendoakan agar perjuangan Sayyid Yusuf diterima oleh Allah SWT.

"Kita tahu, Sayyid Yusuf merupakan pejuang Islam yang cukup kesohor di Madura. Melalui tangan dinginnya, Islam jaya di Madura. Dengan menziarahinya, diharapkan menjadi spirit bagi kami untuk terus semangat membesarkan NU," tukasnya.

Hal demikian juga diakui sekretaris IPNU Kadur, Fathorrahman. Menurut guru aqidah di SMP Islam Miftahul Ulum ini, selaku pemuda NU, sangat naif bila sampai mengabaikan perjuangan para ulama Islam dalam memajukan Islam.

"Semoga tak ada rintangan dalam perjalanan kami ini," tukasnya sembari menambahkan, ziarah tersebut bakal dilangsungkan sehari. Sebelum azan Magrib berkumandang, diusahakan kader-kader NU ini tiba kembali di Pamekasan dengan selamat.




Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Hairul Anam



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×